“Pola Konflik Tokoh Utama pada Kumpulan Cerita Pendek Di Dalam Lembah Kehidupan Karya Hamka: Tinjauan Strukturalisme Robert Stanton”.

Mira, Sintia (2021) “Pola Konflik Tokoh Utama pada Kumpulan Cerita Pendek Di Dalam Lembah Kehidupan Karya Hamka: Tinjauan Strukturalisme Robert Stanton”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV (Penutup))
BAB IV (Penutup).pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mira Sintia. 1710723010. Pola Konflik Tokoh Utama pada Kumpulan Cerita Pendek Di Dalam Lembah Kehidupan Karya Hamka: Tinjauan Strukturalisme Robert Stanton” Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas. 2021. Pembimbing I: Fadlillah, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Zurmailis, M.A Skripsi ini membahas tentang pola konflik tokoh utama pada kumpulan cerita pendek Di Dalam Lembah Kehidupan karya Hamka dengan tinjauan strukturalisme Robert Stanton. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan strukturalisme. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pola konflik tokoh utama pada kumpulan cerita pendek Di Dalam Lembah Kehidupan karya Hamka. Teori yang digunakan dalam menganalisis adalah teori dikemukakan oleh Robert Stanton. Stanton membagi karya sastra yang terdiri dari unsur fakta cerita, tema, dan sarana cerita. Metode yang digunakan yaitu metode analisis data pada teori fiksi Robert Stanton. Teknik yang digunakan adalah membangun teori struktur, pembacaan yang cermat, menganalisis fakta cerita, sarana sastra, dan tema serta menganalisis pola konflik tokoh utama pada kumpulan cerita pendek Di Dalam Lembah Kehidupan karya Hamka, selanjutnya penafsiran. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: pertama, konflik internal tokoh utama dalam kumpulan cerpen Di Dalam Lembah Kehidupan karya Hamka yaitu judul cerpen “Encik Utih”, “Anak yang Ditinggalkan”, dan “Istri Tua” antara lain: perasaan tidak puas, perasaan tidak mampu, patah hati, perasaan sedih, perasaan takut, perasaan cemas, rasa bersalah, penyesalan, perasaan bimbang, perasaan kecewa dan perasaan cemburu. Kedua, konflik eksternal tokoh utama dalam kumpulan cerpen Di Dalam Lembah Kehidupan karya Hamka yaitu cerpen yang berjudul “Encik Utih”, “Anak yang Ditinggalkan”, dan “Istri Tua” yaitu adanya suatu bentuk konflik antara lain berupa konflik dengan calon suami, dengan orang rumah yang ditumpangi, konflik pertentangan antara istri dan suami, konflik perbedaan pendapat dengan orangtua, serta konflik percecokan dengan keluarga dan kawan-kawan dari sang suami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fadlillah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Di Dalam Lembah Kehidupan, Strukturalisme, Robert Stanton
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:45
Last Modified: 28 Jun 2021 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76746

Actions (login required)

View Item View Item