PENGARUH UKURAN BAHAN PADA PROSES PENYULINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN KOMPONEN MINYAK ATSIRI KULIT KAYU KILEMO (Litsea cubeba, L. Pers.)

ihsan, ihsanul fikri (2021) PENGARUH UKURAN BAHAN PADA PROSES PENYULINGAN TERHADAP KARAKTERISTIK DAN KOMPONEN MINYAK ATSIRI KULIT KAYU KILEMO (Litsea cubeba, L. Pers.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
skrpisi ihsanul fikri (2021)_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)

Abstract

Pengaruh Ukuran Bahan Pada Proses Penyulingan terhadap Karakteristik dan Komponen Minyak Atsiri Kulit Kayu Kilemo (Litsea cubeba, L. Pers.) Ihsanul Fikri, Novizar Nazir, Sahadi Didi Ismanto ABSTRAK Minyak Kilemo merupakan minyak yang mempunyai kandungan minyak atsiri, sebagai sumber sitral yang berkualitas dan merupakan pesaing utama minyak Lemon grass. Untuk mendapatkannya melalui penyulingan dengan cara rebus, kukus dan cara uap langsung (steam), digunakan sebagai bahan baku aromaterapi dalam industri sabun, minyak pijat, minyak SPA, pewangi ruangan dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran bahan pada proses penyulingan terhadap karakteristik dan komponen minyak atsiri kulit kayu kilemo (Listea Cubeba, L Pers.). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan Data hasil penelitian dilakukan analisa secara satistik menggunakan Anova dan dilanjutkan dengan Uji Duncan' New Range Test (DNMRT) dengan Taraf nyata 5%. Perlakuan ini adalah perbedaan perlakuan ukuran bahan yaitu perlakuan A (Ukuran 0,1cm - 0,5cm), perlakuan B (ukuran 0,6cm - 1cm), perlakun C (ukuran 1,1cm - 1,5cm), perlakuan D (ukuran 1,6cm - 2cm) dan terakhir perlakuan E (ukuran 2,1cm - 2,5cm). Hasil penelitian menunjukan perlakuan perbedaan ukuran bahan pada proses penyulingan kulit kayu kilemo (Litsea cubeba, L. Pers.) memberikan pengaruh nyata terhadap rendemen, berat jenis, putaran optik, indeks bias, bilangan asam, bilangan ester dan tidak perpengaruh nyata terhadap kelarutan dalam alkohol. Perlakuan terbaik arata-rara perlakuan B (Ukuran 0,6-1cm). nilai rendemen yaitu 0,8527%, nilai berat jenis sebesar 0,9363 gram, nilai putaran optik sebesar -3,15, rata-rata nilai indeks bias sebesar 1,6835, bilangan asam sebesar 2,9360, bilangan ester terbaik rata-rata sebesar 20,850, dan kelarutan dalam alkohol didapatkan pada perbandingan 1 : 2 larut jenuh. Serta jumlah senyawa yang terkandung didalam minyak atsiri kayu kilemo menggunakan alat GC-MS berjumlah 35 dan senyawa, senyawa yang paling banyak adalah Beta Citronellal sebesar 30,91%, limonene sebesar 14,19%, Linalool sebesar 6,42%, Citronellol sebesar 4,73%, Caryophylene sebesar 4,54%, ρ pinene sebesar 3,26%. Kata Kunci: Minyak Kilemo, Penyulingan, GC-MS, Beta Citronellal, Rendemen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Novizar Nazir , M. Si
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 08 Jul 2021 08:07
Last Modified: 08 Jul 2021 08:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76558

Actions (login required)

View Item View Item