Navisha Cantika, Azzahra (2021) TANGGUNG JAWAB LAZADA TERHADAP KETERLMABATAN DAN KELALAIAN PENJUAL DALAM PERJANJIAN JUAL BELI ONLINE DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (217kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (233kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merubah pola hidup masyarakat salah satunya dalam bertransaksi jual beli. Pada saat ini masyarakat sering melakukan transaksi jual beli secara online atau disebut dengan E-Commerce. Hal ini tentu dapat menyebabkan kerugian bagi konsumen karena dilakukan tanpa bertemunya konsumen dengan penjual. Salah satu E-Commerce yang berkembang di Indonesia adalah Lazada. Pada saat melakukan pembelian di Lazada, sering sekali terjadi kelalaian penjual yang menyebabkan kerugian bagi konsumen dan timbul rasa tidak puas saat bertransaksi di Lazada. Hal ini selain menimbulkan kerugian pada konsumen tetapi juga kepada Lazada. Rumusan masalah dalam Skripsi ini yaitu: 1. Bagaimanakah bentuk-bentuk kelalaian penjual dalam bertransaksi jual beli online di Lazada ? 2. Bagaimanakah tanggung jawab pihak Lazada terhadap keterlambatan dan kelalaian penjual dalam perjanjian jual beli online di kota padang ?. Metode dalam penulisan skripsi ini adalah dengan pendekatan yuridis empiris. Hasil penelitian dan pembahasan yaitu: 1. Bentuk kelalaian penjual yang terjadi di Lazada berupa: membatalkan secara sepihak, barang yang dikirim tidak sesuai, isi paket kosong dan barang yang dikirim rusak atau pecah karena pengemasan tidak sesuai dengan standar pengiriman. 2. Bentuk tanggung Lazada terhadap kelalaian penjual dan keterlambatan estimasi yaitu dengan meninjau kembali barang yang dibeli oleh konsumen dan meninjau kembali keterlambatan estimasi yang diterima oleh konsumen. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Perlindungan Konsumen, Perjanjian Jual beli Online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Dahlil Marjon, S.H., M.H. |
Uncontrolled Keywords: | Tanggung Jawab, Perlindungan Konsumen, Perjanjian Jual beli Online. |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 07:51 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 07:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76508 |
Actions (login required)
View Item |