EVALUASI DAN RANCANGAN FASILITAS PUBLIK UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI MASJID NURUL IMAN PADANG

Yunia, Pratiwi (2021) EVALUASI DAN RANCANGAN FASILITAS PUBLIK UNTUK PENYANDANG DISABILITAS DI MASJID NURUL IMAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fasilitas publik merupakan suatu tempat yang seharusnya dapat diakses oleh individu normal ataupun penyandang disabilitas. Akan tetapi, masih terdapat bangunan umum yang belum aksesibilitas sehingga terjadinya perbedaan hak terhadap kondisi masing individu ketika menggunakan fasilitas tersebut. Masjid Nurul Iman Padang merupakan salah satu fasilitas yang digunakan oleh umat muslim sebagai tempat beribadah. Berdasarkan survei pendahuluan, pada masjid tersebut terdapat fasilitas publik yang belum aksesibilitas sehingga bagi penyandang disabilitas sulit menggunakan fasilitasnya. Fasilitas tersebut seperti tempat wudhu’ dan toilet. Penelitian ini melakukan identifikasi faktor penghambat akses toilet dan tempat wudhu’, serta merancang perbaikan fasilitas toilet dan tempat wudhu’ untuk pengguna kursi roda di Masjid Nurul Iman Padang. Proses identifikasi dilakukan dengan menggunakan tabel checklist untuk memperhatikan kendala-kendala yang dialami oleh pengguna kursi roda, kemudian dilakukan pemilihan variabel antropometri yang dibutuhkan dalam perancangan agar penyandang disabilitas dapat menggunakan fasilitas tersebut dengan aman, nyaman, dan secara mandiri. Penelitian ini menghasilkan beberapa rancangan fasilitas publik yaitu tempat wudhu’ dan toilet di Masjid Nurul Iman Padang yang dapat digunakan untuk pengguna kursi roda secara mandiri. Rancangan dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 14/PRT/M/2017 dan prinsip ergonomi. Hasil rancangan digambarkan dengan menggunakan software AutoCad dan telah divalidasi oleh pihak Masjid Nurul Iman Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hilma Raimona Zadry , Ph.D
Uncontrolled Keywords: Fasilitas publik, Aksesibilitas, Pengguna kursi roda, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum, Antropometri.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:35
Last Modified: 24 Jun 2021 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76492

Actions (login required)

View Item View Item