HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIENTB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA SABAK BARAT TANJUNG JABUNG TIMUR JAMBI TAHUN 2020

wati, kisma (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIENTB PARU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MUARA SABAK BARAT TANJUNG JABUNG TIMUR JAMBI TAHUN 2020. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak (2).pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftra pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img] Text (full text)
Tugas Akhir Ilmiah utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ketidakpatuhan terhadap pengobatan TB merupakan penghalang utama dan hambatan yang signifikan untuk pengendalian TB secara global. Secara teori kepatuhan minum obat TB Paru dipengaruhi oleh pengetahuan dan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada pasien TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Muara Sabak Barat Tanjung Jabung Timur Jambi. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Muara Sabak Barat Tanjung Jabung Timur Jambi dari bulan Oktober 2020 – Januari 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan crossectional yang dilakukan pada 116 responden dengan teknik total sampling. Hasil uji statistik menggunakan chi-square didapatkan p value yaitu 0,001 dan 0,001 artinya terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat TB Paru. Diharapkan pelayanan kesehatan dapat menyediakan layanan konseling terhadap keluarga dan penderita TB Paru terkait penyakit dan pengobatan TB Paru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Moh. Jamil, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2021 07:49
Last Modified: 21 May 2021 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75738

Actions (login required)

View Item View Item