Maha, Reni Putri (2021) Respon Orangtua Murid terhadap Perubahan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Melalui Jalur Zonasi di SMPN 10 Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB 1.pdf - Published Version Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (BAB IV PENUTUP)
3. BAB IV.pdf - Published Version Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
FULLSKRIP.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penerimaan peserta didik baru melalui jalur zonasi pertama kali diterapkan pada tahun 2017. Tujuannya untuk mendorong pemerataan distribusi murid bagi setiap sekolah. Penerapan program mengalami beberapa perubahan. Sehingga pada PPDB Tahun Pelajaran 2020/2021, di SMPN 10 Padang banyak calon murid yang tempat tinggalnya berada dalam zona sekolah dan memiliki nilai yang mencukupi, tetapi tidak dapat diterima oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan orangtua murid mengenai PPDB melalui jalur zonasi dan untuk mendeskripsikan respon orangtua murid terhadap pelaksanaan PPDB melalui jalur zonasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Pertukaran Sosial dari Peter M. Blau yang menjelaskan bahwa individu tertari ke dalam asosiasi karena mengharapkan ganjaran ekstrinsik dan intrinsik. Jika pertukaran yang dilakukan tidak seimbang maka kemungkinan individu akan memaksa orang lain untuk membantunya atau bahkan mengundurkan diri dari asosisi. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam kepada para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon orangtua murid terhadap perubahan sistem penerimaan peserta didik baru melalui jalur zonasi di SMPN 10 Padang dibagi menjadi 3, yaitu menerima, menerima dengan syarat dan menolak. Orangtua murid menerima karena akses anak untuk sekolah menjadi mudah dan dapat menghemat biaya serta orangtua mudah mengontrol kegiatan anak. Sedangkan, orangtua murid yang menerima dengan syarat yaitu nilai anak tetap menjadi prioritas seleksi, bukan berdasarkan umur. Sementara, orangtua murid yang menolak karena beberapa anak dari warga setempat yang tidak lulus di SMPN 10 Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Maihasni, M.Si Drs. Wahyu Pramono, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Respon Orangtua, Perubahan, Zonasi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | s1 sosiologi sosiologi |
Date Deposited: | 21 May 2021 07:15 |
Last Modified: | 21 May 2021 07:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75729 |
Actions (login required)
View Item |