HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN SPIRITUALITAS DENGAN KEPATUHAN MANAJEMEN DIRI PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020

Fitri, Yuna (2021) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN SPIRITUALITAS DENGAN KEPATUHAN MANAJEMEN DIRI PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENUTUP.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
Skripsi Yuna Fitri TT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Melitus dapat mengerahkan dampak negatif pada penderitanya dikarenakan diabetes merupakan penyakit kronis seumur hidup yang tidak akan lepas dari penderita sepanjang hari. Efikasi diri dan spiritualitas dapat membantu dalam mengatasi dampak negatif pada pasien DM dengan memberikan dukungan, kepercayaan dan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan spiritualitas dengan kepatuhan manajemen diri pasien diabetes melitus tipe 2 di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2021. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling dengan total sampel 42 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner DMSES, KS, dan SDSCA-revised. Analisa data menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu efikasi diri (rata-rata = 69,02), spiritualitas (rata-rata= 57,45), dan manajemen diri (rata-rata =49,98). Hubungan antara efikasi dengan kepatuhan manajemen diri DM tipe 2 (p=0,047) dan hubungan antara spiritualitas dengan kepatuhan manajemen diri DM tipe 2 (p=0,032). Kedua faktor tersebut saling berhubungan dengan manajemen diri, semakin positif nilainya semakin tinggi manajemen diri pasien DM tipe 2. Disarankan kepada tenaga kesehatan untuk meningkatkan perhatian terhadap pasien dengan diabetes melitus tipe 2 dalam meningkatkan efikasi diri dan spiritualitas pasien agar berdampak baik pada manajemen diri pada pasien diabetes melitus tipe 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 May 2021 04:03
Last Modified: 21 May 2021 04:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75583

Actions (login required)

View Item View Item