HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN STATUS GIZI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA WANITA MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN KOTA PADANG TAHUN 2020

Rahmad, Ikhsan (2021) HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN STATUS GIZI DENGAN KUALITAS HIDUP PADA WANITA MENOPAUSE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full teks)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Kualitas hidup yang baik sangat penting dimiliki oleh setiap individu termasuk wanita menopause. di Indonesia, tahun 2025 diperkirakan akan ada 60 juta wanita menopause. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan karakteristik individu dan status gizi dengan kualitas hidup pada wanita menopause di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang tahun 2020. Metode Jenis penelitian ini adalah cross sectional yang dilakukan dari bulan September 2020- April 2021. Populasi adalah seluruh wanita menopause di wilayah kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kelurahan Bandar Buat Kota Padang dengan jumlah sampel 70 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil Lebih dari setengah responden memiliki tingkat pendidikan yang tinggi (72,9%), status pekerjaan tidak bekerja (78,6%), status pernikahan menikah (91,4%), lama menopause < 5 tahun (54,3%), status gizi yang normal (77,1%), dan kualitas hidup yang baik (60,0%). Ada hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan dan status gizi dengan kualitas hidup dengan p-value (0,00) dan (0,00). Kesimpulan Diharapkan kepada wanita menopause dapat meningkatkan kualitas hidup melalui informasi tentang menopause dan juga penyakit-penyakit yang biasanya timbul pada wanita menopause, supaya dapat mewujudkan wanita menopause yang sehat dan produktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 19 May 2021 06:48
Last Modified: 19 May 2021 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75437

Actions (login required)

View Item View Item