FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN EMISI KARBON PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN DAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2019

Marsha, Davela (2021) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGUNGKAPAN EMISI KARBON PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN DAN SEKTOR INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor yang mempengaruhi tingkat pengungkapan emisi karbon perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat pengungkapan emisi karbon yang diukur dengan indeks pengungkapan yang dikembangankan oleh Choi et al. (2013) yang didesain berdasarkan faktor-faktor teridentifikasi dalam information request sheet yang dikembangkan oleh Carbon Disclosure Project (CDP). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah good corporate governance, jenis perusahaan, kepemilikan institusional, leverage, ukuran perusahaan, dan profitabilitas. Data pada penelitian ini diperoleh dari laporan keberlanjutan perusahaan sektor pertambangan dan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI tahun 2016-2019 dengan mengakses website BEI dan website perusahaan terkait. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh 60 sampel. Metode analisis untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu bahwa perusahaan yang menerima GCG award memiliki tingkat pengungkapan emisi karbon yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan yang tidak menerima GCG award. Leverage berpengaruh negatif terhadap tingkat pengungkapan emisi karbon, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap tingkat pengungkapan emisi karbon. Kemudian, perusahaan BUMN memiliki tingkat pengungkapan emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan perusahaan non-BUMN. Kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap tingkat pengungkapan emisi karbon. Terakhir, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan emisi karbon. Kata Kunci: Tingkat Pengungkapan Emisi Karbon, Good Corporate Governance, Jenis Perusahaan, Kepemilikan Institusional, Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 20 May 2021 04:46
Last Modified: 20 May 2021 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75408

Actions (login required)

View Item View Item