HUBUNGAN POLA KONSUMSI PANGAN DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL DI KABUPATEN AGAM, KABUPATEN TANAH DATAR, DAN PADANG PANJANG (ANALISIS DATA SEKUNDER)

Khatrul, Nada Azzahra (2021) HUBUNGAN POLA KONSUMSI PANGAN DENGAN KENAIKAN BERAT BADAN IBU HAMIL DI KABUPATEN AGAM, KABUPATEN TANAH DATAR, DAN PADANG PANJANG (ANALISIS DATA SEKUNDER). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Selama kehamilan ibu membutuhkan konsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan, hal ini dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi makronutrien dan mikronutrien yang seimbang. Ibu yang memiliki kenaikan berat badan yang kurang dapat mengakibatkan resiko terjadinya berat lahir rendah, kecacatan bayi lahir, kematian bayi dalam kandungan, dan jika ibu hamil yang memiliki kenaikan berat badan lebih dapat mengakibatkan resiko terjadinya diabetes getesional, preeclamsia, dan dapat terjadi kematian pada ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola konsumsi pangan dengan kenaikan berat badan ibu hamil.Angka kematian ibu masih menjadi angka tertinggi didunia. Angka kematian ibu di dunia pada tahun 2012 yaitu 536/100.000 kelahiran hidup, sedangkan pada tahun 2015 Angka kematian ibu sekitar 216/100.000 kelahiran hidup. Angka kematian ibu di negara berkembang lebih tinggi yaitu sekitar 239/100.000 kelahiran hidup dibandingkan dengan angka kematian ibu di negara maju yaitu 12/100.000 kelahiran hidup pada tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Hubungan pola konsumsi pangan dengan kenaikan berat badan ibu hamil di wilayah kabupaten agam, kabupaten tanah datar, dan padang panjang. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah analisis data sekunder. Sampel terdiri dari 65 Ibu hamil, menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan uji Independent sampel t-test dan uji Mann-whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan signifikan antara jumlah konsumsi energi, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, kalsium, zink, zat besi dengan kenaikan berat badan ibu hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr Nur Indrawaty Lipoeto,MSc, Ph.D, SpGK
Uncontrolled Keywords: Jumlah konsumsi zat gizi makro dan zat gizi mikro, kenaikan berat badan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 18 May 2021 06:40
Last Modified: 18 May 2021 06:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75319

Actions (login required)

View Item View Item