GAMBARAN PERBANDINGAN IDENTIFIKASI RISIKO KEBERSIHAN TANGAN PERAWAT OLEH IPCN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RSUD KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

LAMRIA HUTAGALUNG, REBECKA (2021) GAMBARAN PERBANDINGAN IDENTIFIKASI RISIKO KEBERSIHAN TANGAN PERAWAT OLEH IPCN SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 DI RSUD KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover Skripsi.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (penutup)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text
Rebecka Lamria Hutagalung_SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Manajemen risiko saat masa pandemi covid-19 menerapkan protokol kesehatan salah satunya kepatuhan cuci tangan. Kepatuhan cuci tangan pada perawat dirumah sakit saat masa pandemi belum menjadi budaya untuk diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari kejadian infeksi covid-19 pada perawat dirumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Perbandingan Identifikasi Risiko Kebersihan Tangan Perawat Oleh Ipcn sebelum dan selama Pandemi Covid-19 Di RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan sampeldata sekunder berupa dokumentasi dari PPI. Pengumpulan data dokumentasi PPI dari observasi IPCN dan IPCD dari bulan Maret - September 2019 dan Maret - September 2020 pada 50 perawat. Hasil penelitian menunjukkan Mayoritas persentase kepatuhan lima momen kebersihan tangan perawat dirumah sakit tahun 2019 memiliki kategori rendah sedangkan tahun 2020 memiliki kategori tinggi. Kepatuhan perawat dalam lima momen untuk kebersihan tangan menurut ruangan tahun 2019 memiliki kategori rendah sedangkan tahun 2020 memiliki kategori tinggi. Persentase kepatuhan kebersihan tangan enam langkah perawat menurut ruangan pada tahun 2019 memiliki kategori patuh sedangkan tahun 2020 memiliki kategori patuh. Persentase kepatuhan kebersihan tangan enam langkah di rumah sakit tahun 2019 dalam kategori patuh sedangkan tahun 2020 dalam kategori patuh. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepatuhan enam langkah kebersihan tangan pada tahun 2019 sebelum pandemi dan tahun 2020 semasa pandemi tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu diperlukannya kebijakan rumah sakit untuk meningkatkan capaian target kebersihan tangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 19 May 2021 01:59
Last Modified: 19 May 2021 01:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75268

Actions (login required)

View Item View Item