Pengembangan Snack Bar Substitusi Tepung Ampas Tahu dan Tepung Ubi Jalar Ungu Terhadap Kandungan Gizi dan Uji Organoleptik Sebagai Alternatif Makanan Jajanan Anak Sekolah

Nadia, Putri (2021) Pengembangan Snack Bar Substitusi Tepung Ampas Tahu dan Tepung Ubi Jalar Ungu Terhadap Kandungan Gizi dan Uji Organoleptik Sebagai Alternatif Makanan Jajanan Anak Sekolah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img] Text
NADIA PUTRI FULLTEXT_ 1811226007.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang Anak usia sekolah masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan sehingga membutuhkan konsumsi pangan yang cukup dengan gizi seimbang. Tepung ampas tahu dan tepung ubi jalar ungu merupakan bahan pangan yang dapat diolah menjadi cemilan untuk anak sekolah seperti snack bar. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk snack bar tepung ampas tahu dan tepung ubi jalar ungu terhadap uji organoleptik dan kandungan zat gizi sebagai jajanan alternatif anak sekolah. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian laboratorium menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 2 kali pengulangan. Perbandingan tepung ampas tahu dan tepung ubi jalar ungu terdiri atas 4 taraf F0 (0:30 gr) F1(35:30gr), F2 (40:30gr) dan F3 (45:30gr). Uji cita rasa dilakukan oleh 25 panelis agak terlatih. Hasil Hasil dari uji organoleptik adalah formula yang mendapatkan nilai kesukaan panelis tertinggi yaitu F1. Hasil uji proksimat tertinggi yaitu pada F3 dengan kadar karbohidrat 71,64%, protein 12,80%, lemak 13,10%, serat 17,41%, kadar air 4,29%, kadar abu 2,46%. Formulasi terpilih dilihat dari nilai uji organoleptic dan uji kandungan zat gizi. Formulasi terpilih snack bar adalah F3. Kesimpulan Formulasi terpilih snack bar substitusi tepung ampas tahu dan tepung ubi jalar ungu adalah F3 dengan penambahan tepung ampas tahu sebanyak 45 gr.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Denas Symond, MCN
Uncontrolled Keywords: Anak sekolah, tepung ampas tahu, tepung ubi jalar ungu, snack bar
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 18 May 2021 03:24
Last Modified: 18 May 2021 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75262

Actions (login required)

View Item View Item