PERENCANAAN SALURAN DRAINASE KAMPUS III UIN IMAM BONJOL PADANG MENGGUNAKAN SOFTWARE EPA-SWMM v5.1 (STORM WATER MANAGEMENT MODEL)

Aisyah, Nur Fajri At-Thahirah (2021) PERENCANAAN SALURAN DRAINASE KAMPUS III UIN IMAM BONJOL PADANG MENGGUNAKAN SOFTWARE EPA-SWMM v5.1 (STORM WATER MANAGEMENT MODEL). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. Bab V.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
5. Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (30MB)

Abstract

Drainase merupakan komponen penting untuk mengatasi permasalahan genangan air, yang mana dapat digunakan untuk mengurangi debit air yang berasal dari curah hujan yang tinggi, debit air irigasi pada lahan atau kawasan. Drainase sering dianggap remeh pada suatu pembangunan. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya debit air hujan yang tinggi sehingga terjadi debit limpasan hujan. Adanya pembangunan gedung fakultas, terkadang lupa untuk merencanakan sistem drainase sehingga kurang mengindahkan jaringan drainase yang ada. Dengan pembangunan Kampus III UIN Imam Bonjol Padang ini otomatis akan membuat perubahan alih fungsi lahan menjadi pemukiman sehingga daya resap air hujan pada lahan tersebut juga akan berubah. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan jaringan drainase kawasan Kampus III UIN Imam Bonjol Padang sehingga sehingga dapat meminimalisir debit air yang keluar dari kawasan agar tidak menyebabkan banjir. Data curah hujan yang digunakan adalah Sta. Duku Kasang dan Sta. Bendung Koto Tuo dengan periode ulang masing-masing 20 tahun yang dihitung menggunakan metode aritmatik. Analisa distribusi yang digunakan adalah metode distribusi Log Pearson Tipe III yang telah di uji kecocokan distribusinya. Data curah hujan yang digunakan dihitung menggunakan rumus mononobe dengan periode ulang 2,5,10 dan 20 tahun. Pada penelitian ini digunakan software EPA-SWMM 5.1 dalam permodelan jaringan drainase. Data intensitas curah hujan yang digunakan adalah data curah hujan rancangan yang dihitung dengan metode Alternating Block Methode (ABM) sehingga didapatkan nilai hyetograph untuk data pada time series. Dalam permodelan jaringan drainase kawasan Kampus III UIN Imam Bonjol Padang terdiri dari 10 subcatchment, 43 junction, 43 conduit serta 2 outfall yang memiliki arah yang bebas. Dalam merencanakan saluran drainase diperlukan trial and error dalam merencanakan dimensi saluran drainase tersebut agar tidak terjadinya banjir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. AHMAD JUNAIDI, M.T, M.Eng, Sc
Uncontrolled Keywords: Banjir, Drainase, Metode Aritmatik, Log Pearson Tipe III, Software EPA-SWMM 5.1
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 19 May 2021 04:45
Last Modified: 19 May 2021 04:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75214

Actions (login required)

View Item View Item