Analisis Investigasi Kontak dalam Peningkatan Capaian Indikator Tuberkulosis Paru pada PIS-PK di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang Tahun 2020

Syavira, Indah (2021) Analisis Investigasi Kontak dalam Peningkatan Capaian Indikator Tuberkulosis Paru pada PIS-PK di Puskesmas Padang Pasir Kota Padang Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER + ABSTRAK_Indah Syavira.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan)_Indah Syavira.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB 6 (Kesimpulan)_Indah Syavira.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Indah Syavira.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL INDAH SYAVIRA (1711212043).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan Investigasi kontak sudah dilakukan Puskesmas Padang Pasir secara aktif, namun capaian indikator TB pada PIS-PK di Puskesmas Padang Pasir masih jauh dibawah standar dalam tiga tahun terakhir yaitu 30,29% (2019), 28,72% (2020), dan 27,14% (2021). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam pelaksanaan investigasi kontak dalam peningkatan capaian indikator tuberkulosis paru pada PIS-PK di Puskesmas Padang Pasir Tahun 2020. Metode Desain penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan pada November 2020- Februari 2021, dengan informan 11 orang yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel yang diteliti dimulai dari pelaksanaan identifikasi kontak hingga tahapan akhirnya yaitu pemberian KIE terkait TB. Hasil Pelaksanaan identifikasi kontak di Puskesmas Padang Pasir sudah dilakukan sesuai petunjuk teknisnya. Kunjungan rumah belum berjalan optimal sebab kader khusus TB sudah tidak aktif karena tidak di monitoring ulang. Kendala pelaksanaan rujukan terduga TB yaitu adanya kontak erat yang tidak mau memberikan sampel sputumnya atau tidak mengizinkan anaknya untuk di tes mantoux, sebab masih ada masyarakat yang malu jika terdiagnosis penyakit TB. Kesimpulan Pelaksanaan investigasi kontak di Puskesmas Padang Pasir belum sepenuhnya optimal. Puskesmas Padang Pasir dapat mengaktifkan kembali kader khusus TB untuk membantu petugas dalam penemuan kasus TB, memberikan penyuluhan TB kepada masyarakat umum, dan terus memberikan KIE terkait TB kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Christiana Tuty Ernawati
Uncontrolled Keywords: Investigasi kontak, Tuberkulosis, PIS-PK
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 10 May 2021 06:15
Last Modified: 10 May 2021 06:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75173

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item