Hubungan Asupan Protein dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di WIlayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang

Jasnidar, Ariva (2021) Hubungan Asupan Protein dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil Trimester III di WIlayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
Jasnidar Ariva_skripsi ful text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dan tujuan penelitian Ibu hamil cenderung mengalami anemia pada trimester III, hal ini dikarenakan adanya perubahan sirkulasi yang makin meningkat terhadap plasenta. Protein berperan penting dalam transportasi zat besi untuk pembentukan hemoglobin baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan protein dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang. Metode Desain penelitian dengan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 42 ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang pada bulan Januari-Februari 2021. Pengambilan sampel dengan proporsional sampling. Pengambilan data dengan kuesioner terstruktur untuk mengetahui identitas responden. Kadar Hb didapatkan dari buku KIA dan asupan protein menggunakan kuesioner SQ-FFQ. Analisis data yang digunakan adala univariat dan bivariate dengan menggunakan uji statistic Chi-square (p < 0,05). Hasil Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara asupan protein dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Kilangan Kota Padang (p = 0,037). Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara asupan protein dengan kejadian anemia pada ibu hamil trimester III. Diharapkan ibu hamil lebih memperhatikan asupan protein pada saat hamil karena dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.dr. Yusrawati, Sp.OG (K)-KFM
Uncontrolled Keywords: Anemia, Asupan Protein, Hemoglobin.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 07 May 2021 04:29
Last Modified: 07 May 2021 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/75092

Actions (login required)

View Item View Item