HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH TERHADAP KEKUATAN DAN KETAHANAN OTOT SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SUNGAI PISANG KOTA PADANG

Muhammad, Luthfi Munadhil (2021) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH TERHADAP KEKUATAN DAN KETAHANAN OTOT SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI 13 SUNGAI PISANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Ketahanan otot merupakan salah satu komponen penting dari kebugaran jasmani tubuh manusia. Tingkat ketahanan otot dapat dipengaruhi berbagai faktor, seperti indeks massa tubuh. Anak dengan ketahanan otot yang baik dapat membantu perkembangan motorik anak, meningkat prestasi anak dan mengurangi risiko penyakit kardiometabolik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan IMT terhadap ketahanan otot lengan dan perut siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri 13 Kota Padang. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah sampel penelitian 55 orang siswa. Pengambilan data primer dilakukan dengan penilaian tingkat ketahanan otot berdasarkan pedoman Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan pengukuran tinggi serta berat badan dilakukan untuk menilai IMT. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini mendapatkan nilai p hubungan IMT terhadap ketahanan otot lengan siswa laki-laki dan perempuan adalah 0,105 dan 0,556. Sedangkan untuk hubungan IMT terhadap ketahanan otot perut siswa laki-laki dan perempuan adalah 0,299 dan 0,215. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan signifikan antara IMT terhadap ketahanan otot lengan dan perut pada siswa laki-laki maupun perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Hirowati Ali Ph.D
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh, Ketahanan Otot
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 May 2021 06:38
Last Modified: 04 May 2021 06:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74961

Actions (login required)

View Item View Item