Dion, Dwi Mahezra (2021) Produk Branded: Simbol dan Fungsi Studi Kasus 8 Mahasiswa di Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (406kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (430kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V (Kesimpulan))
3. BAB V (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (305kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
5. SKRIPSI FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan gaya hidup terkait dengan pemakaian produk – produk branded yang saat ini sedang banyak terjadi pada kalangan masyarakat, terutama pada mahasiswa Universitas Andalas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan arti dibalik sebuah produk branded serta fungsi dari produk branded itu sendiri di kalangan para Mahasiswa Universtas Andalas, Kota Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi kepustakaan. Sedangkan dalam memilih para informan, dilakukan dengan menggunakan cara purposive sampling, serta membagi informan menjadi dua bagian yaitu informan kunci serta informan biasa. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa pandangan mahasiswa Universitas Andalas terhadap produk branded serta cara para mahasiswa dalam memanfaatkan fungsi dari produk branded itu sendiri sangat beragam. Dalam pengertian produk branded bagi para mahasiswa itu sendiri, didapatkan bahwa: pertama, produk branded merupakan produk yang berkualitas dan harganya yang mahal. Kedua, produk branded merupakan produk yang biasa saja. Beberapa mahasiswa melihat tidak ada pelabelan khusus untuk produk branded. Ketiga, produk untuk masyarakat kelas atas. keempat, produk yang selalu dihasilkan dengan model (bentuk) yang terbaru. Kelima, produk yang semakin banyak dijual dan semakin banyak memiliki versi tiruannya. Selain dari segi pemahaman mahasiswa terhadap produk branded, didapati bahwa terdapat simbol dibalik produk branded bagi mahasiswa, karena dengan memiliki produk branded, menurut informan mahasiswa mereka akan mendapatkan: pertama, status sosial. Hal tersebut karena produk branded adalah produk yang dinilai sebagai produk berkelas, sehingga bagi yang memiliki dianggap orang berada. Kedua, pengakuan dari orang lain. Ketiga, mengikuti perkembagan zaman dan teknologi. Keempat, sebagai bagian dari identitas diri. Dilihat dari segi fungsi, mahasiswa melihat produk branded sebagai salah satu sarana pemenuhan kebutuhan mereka sebagai pelajar, kemudian sebagai salah satu cara agar mereka diterima dalam sebuah pergaulan dengan teman, cara mereka meningkatkan percaya diri, serta cara mereka memanfaatkan eifisiensi dari produk branded tersebut untuk menunjang kegiatan mereka sehari – hari. Kata Kunci: Gaya hidup, Mahasiswa, Produk Branded
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Sri Setiawati, MA |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 10 May 2021 04:37 |
Last Modified: | 10 May 2021 04:37 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74934 |
Actions (login required)
View Item |