HUBUNGAN KEKERABATAN Durio spp. DI PULAU SIBERUT BERDASARKAN PENANDA INTERNAL TRANSCRIBED SPACER (ITS) DAN RIBULOSE-1,5-BISPHOSPATE CARBOXYLASE/OXYGENASE LARGE SUBUNIT (rbcL)

Alponsin, Alponsin (2020) HUBUNGAN KEKERABATAN Durio spp. DI PULAU SIBERUT BERDASARKAN PENANDA INTERNAL TRANSCRIBED SPACER (ITS) DAN RIBULOSE-1,5-BISPHOSPATE CARBOXYLASE/OXYGENASE LARGE SUBUNIT (rbcL). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Updated Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
tesis durian alponsin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Genus Durio (famili Malvaceae) merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara dengan centre of origin di pulau Kalimantan. Di Pulau Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai masyarakat lokal mengenal tiga jenis durian yang dibudidayakan yaitu Duriat, Toktuk dan Kinoso. Disamping jenis yang dibudidayakan juga ditemukan jenis liar yaitu Toktuk geta. Isolasi geografis akan menyebabkan diferensiasi genetik. Penelitian ini bertujuan menentukan, menganalisis karakter molekuler dan mengetahui hubungan filogenetik Durio spp di Pulau Siberut menggunakan ITS dan rbcL. Penelitian ini menggunakan metode survey dan deskritif, isolasi DNA menggunakan metode CTAB dan untuk Sequencing DNA produk PCR dikirim ke Laboratorium 1st BASE Sequencing Services di Selangor, Malaysia. Adapun hasil dari penelitian ini adalah panjang fragmen, karakter konservatif, karakter informatif, parsimony site dan singleton yang didapat berbeda antara penanda ITS dan rbcL. Berdasarkan penanda ITS, jenis Durio yang berada di Pulau Siberut memiliki nilai divergen yang tinggi yaitu 0,49% - 15,1% sedangkan dengan penggunakan rbcL yaitu 0,00% - 0,80 %. D. zibethinus “Kinoso”. D. zibethinus “Duriat”, D. zibethinus “Durian kunyit” dan toktuk (D. lowianus) berada pada kluster yang sama pada ITS. Sedangkan Toktuk Geta (D. cf singaporensis) terpisah dari ke 2 jenis durian ini dan membentuk hubungan polifiletik. Sedangkan pada Penanda rbcL ke 3 spesies ini berada pada Klaster yang sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: mansyurdin, Prof., Dr.
Uncontrolled Keywords: Durio, Hubungan kekerabatan, ITS, Pulau Siberut, rbcL.
Subjects: Q Science > QK Botany
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 03 May 2021 02:56
Last Modified: 03 May 2021 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74899

Actions (login required)

View Item View Item