Tinjauan Audit Keselamatan Jalan Pada Dokumen Detail Engineering Design Dari Jalan Kabupaten (Kasus Jalan Kabupaten Kerinci)

Muhazir, Rahendra (2021) Tinjauan Audit Keselamatan Jalan Pada Dokumen Detail Engineering Design Dari Jalan Kabupaten (Kasus Jalan Kabupaten Kerinci). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kabupaten Kerinci merupakan salah satu dari 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi yang letaknya paling Barat dari Provinsi Jambi dengan luas wilayah 3.328 km² (Dinas PU Kab. Kerinci, 2015). Saat ini Kabupaten Kerinci merupakan salah satu Kabupaten dalam kategori berkembang yang sedang giat-giatnya membangun infrastruktur Jalan Kabupaten, dibalik manfaat besar yang diperoleh, ternyata muncul beberapa permasalahan antara lain kecelakaan lalu lintas kendaraan akibat defisiensi keselamatan infrastruktur jalan. Dari permasalahan tersebut penulis tertarik untuk melakukan tinjauan audit keselamatan jalan tahap Detail Engineering Design (DED) pada jalan Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan Pedoman Audit Keselamatan Jalan No. Pd T-17- 2005-B lampiran C Daftar Periksa C: AKJ untuk Tahap Detail Desain, serta peraturan-peraturan, standar, dan pedoman yang berlaku. Audit dilakukan pada tiga dokumen DED Jalan kabupaten yaitu Jln. Koto Rendah Sungai gelampeh, Jln. Hiang – Pungut, dan Jln. Kelok Sago- Sanggaran Agung, Pada penelitian ini ditemukan beberapa kelemahan pada DED jalan Kabupaten, kelemahan tersebut berupa Tidak adanya draft desain jalan dalam perencanaan jalan di kabupaten, tidak terdapat desain tikungan dengan detail sesuai perencaan geometrik jalan yg mengacu pada RSNI Geometri Jalan Perkotaan 2004, Lebar badan jalan, lajur, dan bahu jalan yang direncanakan belum sesuai kelas dan fungsi jalan, belum dilengkapi desain lanskap, belum dilengkapi dengan rencana penempatan fasilitas rambu dan marka jalan, belum dilengkapi dengan desain persimpangan, belum dilengkapi dengan perencaan APIL, dan belum dilengkapi dengan Perencanaan Penerangan Jalan. Rekomendasi yang diberikan terhadap hasil audit adalah agar melengkapi kekurangan – kekurangan pada Jalan Kabupaten sesuai hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yossyafra,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Jalan, Detail Engineering Design, Audit Keselamatan jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:56
Last Modified: 28 Apr 2021 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74740

Actions (login required)

View Item View Item