Perbedaan Kadar Galectin-3 Serum dan N-Terminal Pro-Brain Natriuretic Peptide (NT-proBNP) Serum pada Gagal Jantung Fraksi Ejeksi Normal dengan Tanpa Gagal Jantung serta Korelasi Keduanya pada Gagal Jantung Fraksi Ejeksi Normal

Yulistia, Asmi (2021) Perbedaan Kadar Galectin-3 Serum dan N-Terminal Pro-Brain Natriuretic Peptide (NT-proBNP) Serum pada Gagal Jantung Fraksi Ejeksi Normal dengan Tanpa Gagal Jantung serta Korelasi Keduanya pada Gagal Jantung Fraksi Ejeksi Normal. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB pendahuluan PDF.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
3. BAB akhir PDF.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendahuluan: Gagal jantung fraksi ejeksi normal adalah salah satu fenotip gagal jantung yang ditandai adanya gejala klinis gagal jantung dengan fraksi ejeksi ≥ 50% dan disfungsi diastolik ventrikel kiri. Pedoman American College of Cardiologi/American Heart Association (ACC/AHA) tahun 2017 merekomendasikan pemeriksaan NT-proBNP untuk diagnosis dan prognosis gagal jantung. N-terminal proBNP ditemukan kadar yang normal pada 55-70% pasien HFpEF. Pemeriksaan NT- proBNP belum terbukti bemanfaat untuk deteksi disfungsi diastolik atau membedakan tipe gagal jantung, sehingga diperlukan penanda yang lebih spesifik terhadap dasra terjadinya penyakit. Galectin-3 potensial memberikan informasi yang mencerminkan efek integrasi antara fibrosis dan inflamasi yang merupakan dasar patofisiologi terjadinya HFpEF. Metode: Penelitian ini merupan penelitian potong lintang yang dilaksanakan di ruang rawat inap penyakit dalam RSUP m. Djamil Padang selama 6 bulan, 26 sampel yaitu pasien gagal jantung fraksi ejeksi normal dan 26 pasien tanpa gagal jantung sebagai kontrol yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel dan kontrol penelitian dilakukan pemeriksaan galectin-3 dan NT-proBNP serum. Data penelitian dilakukan analisis statistik dengan SPSS versi 26.0. Hasil: Kadar galectin-3 serum pada gagal jantung fraksi ejeksi normal dengan anpa gagal jantung adalah 32,26 (7,77) vs. 21,51 (5,73) ng/mL; p<0,001. Kadar NT-proBNP serum pada gagal jantung fraksi ejeksi normal dengan tanpa gagal jantung adalah 333,50 (326,2) vs. 173,50 (20,70) pg/mL; p=0,16. Terdapat korelasi antara kadar galectin-3 serum dengan NT-proBNP serum pada gagal jantung fraksi ejeksi normal (p < 0,001, r = 0,845). Kesimpulan:Terdapat perbedaan yang bermakna kadar galectin-3 serum pada gagal jantung fraksi ejeksi normal dengan tanpa gagal jantung. Terdapat perbedaan yang bermakna kadar NT-proBNP serum pada gagal jantung fraksi ejeksi normal dengan tanpa gagal jantung. Terdapat korelasi yang bermakna antara kadar galectin-3 serum dengan NT-proBNP serum pada gagal jantung fraksi ejeksi normal.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Akmal Mufriady Hanif
Uncontrolled Keywords: HFpEF, galectin-3, NT-proBNP
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 Program Pendidikan Dokter Spesialis
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74611

Actions (login required)

View Item View Item