ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN PINJAMAN (KREDIT) PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS (LKM-A) PINCURAN BONJO DI KOTA PAYAKUMBUH

VIRQINIQRA, WIVIA QURANI (2020) ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN PINJAMAN (KREDIT) PADA LEMBAGA KEUANGAN MIKRO AGRIBISNIS (LKM-A) PINCURAN BONJO DI KOTA PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis merupakan lembaga yang memberikan pelayanan jasa kepada nasabah, oleh sebab itu LKM-A Pincuran Bonjo harus meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan keberlanjutan LKM-A Pincuran Bonjo dan menjaga hubungan baik dengan nasabah kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut-atribut pelayanan pinjaman kredit yang dianggap penting oleh nasabah dan mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan pinjaman kredit pada LKM-A Pincuran Bonjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei, dengan alat analisis Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kueisioner kepada 30 responden LKM-A Pincuran Bonjo. Hasil penelitian menunjukkan atribut yang dinilai penting dan memiliki kinerja yang baik oleh nasabah adalah kelengkapan fasilitas kantor, adanya form pelunasan angsuran, prosedur pelayanan kredit yang mudah dan cepat, realisasi pencairan dana sesuai pengajuan dan tepat waktu, nasabah tidak menunggu lama untuk memperoleh pelayanan kredit, keramahan dan kesopanan karyawan saat pelayanan, kemudahan syarat-syarat pengajuan pinjaman dan bunga pinjaman yang dibayarkan ringan. Hasil dari penelitian juga menemukan bahwa tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan pinjaman kredit pada LKM-A Pincuran Bonjo memiliki nilai Customer Satisfaction Index sebesar 0,83 yang artinya nasabah telah merasa sangat puas. Sehingga pihak LKM-A harus mempertahankan kualitas atribut yang sudah bagus dan memperbaiki atribut yang masih kurang dalam penilaian nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zednita Azriani, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis, Pelayanan Pinjaman Kredit, Tingkat Kepuasan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 14 Apr 2021 07:05
Last Modified: 14 Apr 2021 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74227

Actions (login required)

View Item View Item