PENGARUH SUPLEMENTASI ORAL VITAMIN D TERHADAP PENURUNAN KEPARAHAN GEJALA PADA URTIKARIA SPONTAN KRONIS: SEBUAH TINJAUAN NARATIF

Nurul, Izzah (2021) PENGARUH SUPLEMENTASI ORAL VITAMIN D TERHADAP PENURUNAN KEPARAHAN GEJALA PADA URTIKARIA SPONTAN KRONIS: SEBUAH TINJAUAN NARATIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Urtikaria spontan kronis adalah penyakit kulit alergi yang sering dijumpai, sangat mengganggu, dan memengaruhi kualitas hidup. Etiopatogenesisnya masih belum jelas. Tatalaksana dengan terapi yang direkomendasikan hanya bertujuan untuk mengurangi dan mengontrol gejala. Vitamin D merupakan imunomodulator potensial yang dapat dijadikan alternatif terapi urtikaria. Oleh karena itu, studi literatur diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut pengaruh vitamin D pada urtikaria spontan kronis dan mekanisme yang berperan. Studi literatur ini merupakan tinjauan naratif yang mendalami berbagai literatur penelitian orisinil mengenai pengaruh suplementasi vitamin D pada urtikaria kronis spontan melalui basis data Pubmed, Directory Open Access Journal (DOAJ), dan The Cochrane Central Register of Controlled Trials (CENTRAL) berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang ditetapkan. Terdapat enam literatur dengan 621 kasus urtikaria spontan kronis. Lima studi menunjukkan perbaikan yang signifikan pada pasien setelah suplementasi vitamin D. Pada tinjauan ini dimasukkan lima literatur tambahan untuk menunjang hasil penelitian literatur utama. Sebagai kesimpulan, vitamin D menurunkan sitokin pro-inflamasi dan meningkatkan respon anti-inflamasi pada pasien urtikaria spontan kronis. Pemberian vitamin D dengan dosis 50.000-60.000 IU/minggu selama 8-12 minggu, vitamin D3 dosis 60.000-75.000 IU/minggu selama 6-12 minggu, atau vitamin D aktif dosis 0,25 mcg/hari selama 12 minggu dapat mengurangi tingkat keparahan gejala pada pasien urtikaria spontan kronis, tanpa adanya efek samping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Gardenia Akhyar, SpKK(K)
Uncontrolled Keywords: Suplementasi Vitamin D, Penurunan Keparahan Gejala, Urtikaria Spontan Kronis, Adjuvan
Subjects: R Medicine > RL Dermatology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Apr 2021 04:26
Last Modified: 14 Apr 2021 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/74077

Actions (login required)

View Item View Item