Pengaruh Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Laba Perusahaan Pada Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019

Alifiany, Mardhiah (2021) Pengaruh Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan terhadap Laba Perusahaan Pada Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrack)
ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance (ukuran dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen) dan ukuran perusahaan terhadap laba perusahaan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ukuran dewan komisaris, jumlah rapat dewan komisaris, proporsi dewan komisaris independen dan ukuran perusahaan. Sementara variabel dependen dalam penelitian ini menggunakan Laba Perusahaan. Penelitian ini menggunakan 9 sampel perusahaan sektor makanan dan minuman yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan rentang waktu penelitian dari tahun 2015-2019. Metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran dewan komisaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba perusahaan sedangkan jumlah rapat dewan komisaris dan proporsi dewan komisaris tidak pengaruh dan tidak signifikan terhadap laba perusahaan kemudian untuk ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba perusahaan pada perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rayna Kartika SE, M.Com, Ak, CA.
Uncontrolled Keywords: Corporate governance dan Ukuran Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:33
Last Modified: 06 Apr 2021 07:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73999

Actions (login required)

View Item View Item