HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU SWAMEDIKASI DISMENOREA PADA KALANGAN MAHASISWI NON KESEHATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

Sityaroma, Ulfarahmi (2021) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP PERILAKU SWAMEDIKASI DISMENOREA PADA KALANGAN MAHASISWI NON KESEHATAN UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (385kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V (Kesimpulan dan Saran).pdf

Download (221kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Upload Sityaroma Ulfarahmi 1611013044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perempuan sering mencari obat tanpa resep sebagai lini pertama swamedikasi Dismenorea. Alasannya, karena cepat menanggulangi nyeri. Mahasiswi non kesehatan cenderung melakukan swamedikasi berdasarkan pengetahuan sendiri. Kurangnya pengetahuan mempengaruhi kepercayaan diri dan perilaku swamedikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan perilaku swamedikasi Dismenorea serta hubungan antara keduanya pada kalangan mahasiswi non kesehatan Universitas Andalas Padang. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional Study dengan pendekatan descriptive analysis dengan data sebanyak 426 dari mahasiswi fakultas non kesehatan Universitas Andalas Padang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi dan disajikan berdasarkan karakteristik, tingkat pengetahuan, kategori perilaku, dan profil swamedikasi. Data dianalisis menggunakan SPSS for Windows 20. Uji Chi Square menghasilkan tidak ada hubungan bermakna (p=0,06) antara tingkat pengetahuan terhadap perilaku swamedikasi nyeri haid (Dismenorea) pada kalangan mahasiswi fakultas non kesehatan Universitas Andalas Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: apt. Dian Ayu Juwita, M.Farm
Uncontrolled Keywords: Dismenorea, swamedikasi, pengetahuan, perilaku, mahasiswi, fakultas non kesehatan.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:20
Last Modified: 08 Nov 2022 04:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73775

Actions (login required)

View Item View Item