Pengaruh Pemberian Ekstrak Bayam Hijau (Amaranthus hybridus) Pada Pakan Buatan Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Lobster Pasir (Panulirus homarus)

AMELIA, SRIWAHYUNI LUBIS (2021) Pengaruh Pemberian Ekstrak Bayam Hijau (Amaranthus hybridus) Pada Pakan Buatan Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Lobster Pasir (Panulirus homarus). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR (PENUTUP))
3. BAB AKHIR.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (TESIS)
5. TESIS_AMELIA SRIWAHYUNI LUBIS_S2 BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pemberian ekstrak Bayam Hijau (Amaranthus hybridus) pada pakan buatan terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan lobster Pasir (Panulirus homarus) telah dilaksanakan pada bulan Juli hingga November 2020 di Laboratorium Terpadu Universitas Bung Hatta Padang, Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian ekstrak bayam terhadap organoleptik, fisik, kimiawi pakan buatan, nilai biologis lobster pasir dan konsentrasi ekstrak bayam dalam pakan buatan yang optimal terhadap kelangsungan hidup dan pertumbuhan lobster pasir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap menggunakan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini A (Pakan buatan tanpa ekstrak bayam (kontrol)), B (0,4 mg ekstrak bayam dalam 1 kg pakan buatan), C (0,5 mg ekstrak bayam dalam 1 kg pakan buatan), D (0,6 mg ekstrak bayam dalam 1 kg pakan buatan) dan E (0,7 mg ekstrak bayam dalam 1 kg pakan buatan). Data penelitian dianalisis menggunakan pengujian statisik non parametrik kruskal wallis, stastistik parametrik One Way Anova dan dideskriptifkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak bayam pada pakan buatan tidak berpengaruh signifikan terhadap tekstur pakan uji, warna pakan uji dan kelangsungan hidup lobster Pasir tetapi berpengaruh signifikan terhadap aroma pakan uji, masing-masing parameter pada pengujian fisik pakan, pertumbuhan berat mutlak, panjang karapas, lebar karapas, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan dan frekuensi molting serta memiliki nilai kimiawi pakan yang berbeda-beda. Konsentrasi ekstrak bayam hijau 0,5 mg dalam 1 kg pakan buatan merupakan konsentrasi yang optimal untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan lobster pasir.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Indra Junaidi Zakaria
Uncontrolled Keywords: Lobster Pasir, ekstrak bayam hijau, pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:19
Last Modified: 29 Mar 2021 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/73746

Actions (login required)

View Item View Item