PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TAHUNAN PADA JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS ANDALAS MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Nor, Adzillah Adya (2021) PEMBANGUNAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MAHASISWA BERPRESTASI TAHUNAN PADA JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS ANDALAS MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa berprestasi merupakan mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi tinggi, baik akademik maupun non akademik, mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, bersikap positif, serta berjiwa Pancasila. Menjadi mahasiswa berprestasi merupakan kebanggaan tersendiri bagi individu setiap mahasiswa. Selain itu keberadaan mahasiswa berprestasi, kerap menjadi contoh dan perwajahan bagi setiap universitas dimanapun.. Salah satunya seperti yang terjadi di Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas. Ketika mahasiswa berprestasi pada suatu jurusan mendapatkan keuntungan, tentu setiap mahasiswa ingin terlihat berprestasi, dengan cara berusaha mengumpulkan bukti prestasi sebanyak-banyaknya. Namun untuk menentukan mahasiswa berprestasi sesuai dengan kriteria, akan lebih baik jika dilakukan pembobotan dan pemilihan melalui sistem, daripada manual. Selain itu, berdasarkan hasil wawancara dengan ketua Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas, dalam menentukan mahasiswa berprestasi pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas hanya berdasarkan mahasiswa dengan IPK tertinggi. Maka dari itu, dibangunlah sebuah sistem pendukung keputusan yang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), sebuah sistem multi kriteria guna membantu pihak jurusan Sistem Informasi dalam menentukan keputusan yang tepat. Analytical Hierarchy Process merupakan suatu metode pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Haris Suryamen, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Berprestasi, AHP, SPK, Alternatif, Kriteria
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 24 Feb 2021 08:24
Last Modified: 24 Feb 2021 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72794

Actions (login required)

View Item View Item