PENGARUH SERAT UMBI BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L.) TERHADAP GULA DARAH DAN STRUKTUR HISTOLOGI PANKREAS MENCIT PUTIH (Mus musculus L.) JANTAN PENDERITA DIABETES MELLITUS

Fani, Betasri (2020) PENGARUH SERAT UMBI BENGKUANG (Pachyrhizus erosus L.) TERHADAP GULA DARAH DAN STRUKTUR HISTOLOGI PANKREAS MENCIT PUTIH (Mus musculus L.) JANTAN PENDERITA DIABETES MELLITUS. Diploma thesis, Universitras Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Utuh)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Khasiat serat bengkuang (Pachyrhizus erosus) sebagai serat pangan dalam mengobati penyakit diabetes melitus masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dari serat umbi bengkuang dalam menstabilkan profil gula darah dan kerusakan struktural pankreas pada mencit diabetes mellitus yang diinduksi aloksan. Penelitian ini telah dilakukan secara eksperimen dari bulan Desember 2019 sampai Agustus 2020 menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan lima ulangan. Mencit diberi perlakuan berupa pakan biasa dan pakan biasa ditambahkan serat bengkuang (15%, 20% dan 25%) selama 4 minggu secara kontinyu. Selanjutnya, gula darah, toleransi glukosa diukur dan histologi pankreas diamati secara mikroskopis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian serat bengkuang terutama dengan dosis 25% mampu menekan kenaikan glukosa darah berlebih, memperbaiki oleransi terhadap glukosa dan mengurangi kerusakan struktural pada pankreas mencit yang diinduksi aloksan. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa pemberian serat bengkuang dosis 25% dapat memperbaiki profil gula darah dan struktur pankreas pada mencit diabetes mellitus yang diinduksi aloksan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Putra Santoso
Uncontrolled Keywords: Aloksan, Histologi Pankreas, Serat Pangan, Serat Bengkuang, Toleransi Glukosa
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 25 Feb 2021 08:34
Last Modified: 25 Feb 2021 08:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72726

Actions (login required)

View Item View Item