Estimasi Kepadatan Populasi Burung Rangkong (Famili Bucerotidae) dan Ketersediaan Pohon Pakannya di Kawasan Kebun Raya Universitas Andalas

Purnama, Esatria Nasri (2021) Estimasi Kepadatan Populasi Burung Rangkong (Famili Bucerotidae) dan Ketersediaan Pohon Pakannya di Kawasan Kebun Raya Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak purnama.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kawasan Kebun Raya Universitas Andalas merupakan rumah bagi berbagai macam burung salah satunya burung rangkong. Kualitas habitat rangkong yang selalu menurun menyebabkan populasi rangkong juga menurun dan semakin sulit dijumpai di alam, oleh karena itu data dasar mengenai ekologinyasangat penting untuk pemantauan burung rangkong kedepannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi kepadatan populasi burung rangkong dan mengetahui jenis pohon yang berpotensi dikonsumsi oleh burung rangkong. Penelitian ini telah dilakukan dari bulan September sampai Oktober 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan metode titik hitung untuk menghitung jumlah individu burung rangkong yang dijumpai dan pohon berbuah yang berpotensi menjadi pohon pakannya. Hasil penelitian didapatkan estimasi kepadatan populasi burung rangkong yaitu Anorrhinus galeritus 1,1 individu/km2, Buceros rhinoceros1,3 individu/km2dan Rhyticeros undulatus 10,5individu/km2. Sementara itu untuk pohon berbuah yang berpotensi di konsumsi oleh burung rangkong teramati 17 jenis pohon berbuah yang terdiri dari 7 famili dan 8 genus. Kepadatan populasi burung rangkong di kawasan kebun raya unand memiliki kisaran yang relatif sama dengan kawasan lain di Sumatera, sedangkan jenis-jenis pohon yang berpotensi menjadi pohon pakan tersedia dengan cukup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rizaldi
Uncontrolled Keywords: Rangkong, kepadatan, pohon pakan, populasi, Universitas andalas
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:25
Last Modified: 22 Feb 2021 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72533

Actions (login required)

View Item View Item