Hubungan Pengeetahuan Ibu Menyusui dengan Pemberian Kolostrum di Wilayah Kerja Puskesmas Rambatan I Kabupaten Tanah Datar

Edrika, Fuja Lestari (2021) Hubungan Pengeetahuan Ibu Menyusui dengan Pemberian Kolostrum di Wilayah Kerja Puskesmas Rambatan I Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Skripsi Fuja Cover-Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Skripsi Fuja Bab I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
Skripsi Fuja Bab 7.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Skripsi Fuja Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fuja Fix Logo dan Turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang Kolostrum adalah cairan berwarna kekuningan yang dihasilkan 24-36 jam pertama setelah melahirkan yang kaya akan zat gizi bagi bayi. Pengetahuan ibu yang kurang mengenai zat gizi inilah yang membuat ibu tidak memberikan kolostrum kepada bayinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu menyusui dengan pemberian kolostrum di wilayah kerja Puskesmas Rambatan I Kabupaten Tanah Datar. Metode Penelitian bersifat analitik dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Rambatan I Kabupaten Tanah Datar dari bulan November sampai Desember 2020. Subjek penelitian ini adalah ibu menyusuibayi yang berusia kurang dari 6 bulan di wilayah kerja Puskesmas Rambatan I Kabupaten Tanah Datar sebanyak 90 responden. Semua populasi yang ada dijadikan sampel. Data di analisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p<0,05). Hasil Hasil penelitian menunjukkan 68.6% dari ibu yang dikategorikan berpengetahuan rendah tidak memberikan kolostrum kepada bayinya, sedangkan ibu yang dikategorikan berpengetahuan tinggi 77.8% memberikan kolostrum kepada bayinya. Analisis bivariat didapatkan nilai p = 0,031. Kesimpulan Terdapat hubungan antara pengetahuan ibu menyusui dengan pemberian kolostrum pada bayinya. Disarankan bagi ibu untuk mengetahui pentingnya kolostrum bagi bayinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Erly, Sp.MK
Uncontrolled Keywords: Kolostrum, Pengetahuan, Ibu Menyusui
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:55
Last Modified: 18 Feb 2021 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72262

Actions (login required)

View Item View Item