hubungan tingkat stres dengan keteraturan siklus menstruasi pada remaja putri di Asia

Risva, febrindra (2021) hubungan tingkat stres dengan keteraturan siklus menstruasi pada remaja putri di Asia. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan Abstrak)
abstrak (10).pdf - Published Version

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V (6).pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (19).pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Siklus menstruasi pada remaja putri normalnya 21-35 hari. Siklus menstruasi yang tidak normal <21 hari disebut dengan polimenorea, >35 disebut oligomenorea, dan tidak datang 3 bulan berturut-turut disebut dengan amenorea. Siklus menstruasi yang terganggu dapat menimbulkan risiko penyakit kronis pada seorang wanita yang mnegakibatkan perasaan tertekan, payudara terasa nyeri, badan sakit, perut terasa kembung, nyeri, dan bengkak, serta mudahnya terjadi perubahan emosi. Stres menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi. Namun, tingkat stres yang dialami remaja putri masih cukup tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara tingkat stres dengan keteraturan siklus menstruasi remaja putri di Asia. Metode Jenis penelitian ini termasuk dalam tinjauan naratif (narrative review), sifat dari penelitian ini adalah analisis deskripstif. Pencarian artikel diakses dari database ditemukan 11 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil Angka kejadian gangguan siklus menstruasi pada remaja putri di Asia cukup tinggi. Stres yang yang dialami reaja putri dapat meningkatkan risiko gangguan siklus menstruasi. Kesimpulan Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan keteraturan siklus menstruasi pada remaja putri di Asia. Semakin tinggi tingkat stres yang dialami remaja putri, semakin berisiko terjadinya gangguan siklus menstruasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Yuniar Lestari., M. Kes
Uncontrolled Keywords: stress level or stress, regular menstrual cycles or menstrual cycles or menstrual cycle disoders, adolescent dan kata kunci untuk jurnal nasional, yaitu : tingkat stres, stres, mesntruasi, siklus menstruasi, haid, siklus haid dan remaja.
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 17 Feb 2021 08:22
Last Modified: 17 Feb 2021 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72154

Actions (login required)

View Item View Item