Pengaruh Pemberian Cold pack gel terhadap Kejadian Hematoma dan Tingkat Nyeri Akibat Pencabutan Sheath Transfemoral pada Pasien Pasca Intervensi Koroner Perkutan

DESI, MITRA BUDI YANTI (2021) Pengaruh Pemberian Cold pack gel terhadap Kejadian Hematoma dan Tingkat Nyeri Akibat Pencabutan Sheath Transfemoral pada Pasien Pasca Intervensi Koroner Perkutan. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
full tesis pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Komplikasi vaskular dan hematoma merupakan komplikasi yang paling banyak ditemui akibat pencabutan sheath transfemoral pada pasien pasca Intervensi Koroner Perkutan. Pencabutan sheath transfemoral akan mengakibatkan munculnya rasa nyeri dan bisa menyebabkan vasovagal syncope. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian terapi cold pack gel terhadap kejadian hematoma dan keluhan nyeri akibat pencabutan sheath transfemoral pada pasien pasca IKP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment. Rancangan penelitian dengan post test only non equivalent control group. Jumlah sampel yang digunakan 50 orang yang terbagi 25 orang terbagi kelompok intervensi dan 25 orang kelompok kontrol. Analisis data menggunakan Mann Whitney untuk melihat pengaruh cold pack gel terhadap hematoma dan nyeri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol terhadap kejadian hematoma dengan p value = 0,049 (p<0,05) setelah 24 jam pasca affsheath. Kedua, pada saat pencabutan sheath dan 30 menit pasca affsheath terdapat perbedaan yang signifkan terhadap tingkat nyeri dengan p value = 0,000 (p<0,05). Penelitian membuktikan bahwa pertama pemberian cold pack gel dapat menurunkan tingkat nyeri akibat pencabutan sheath. Kedua pemberian cold pack gel dapat menurunkan kejadian hematoma setelah 24 jam pasca pencabutan sheath transfemoral. Kata Kunci : cold pack gel, hematoma, intervensi koroner perkutan, nyeri, Daftar Pustaka: 109 (2007-2020)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: dr. Muhammad Fadil, Sp. JP (K)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:32
Last Modified: 17 Feb 2021 06:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72032

Actions (login required)

View Item View Item