PELAKSANAAN PEMUNGUTAN RETRIBUSI TEMPAT REKREASI DAN OLAHRAGA DENGAN MENGGUNAKAN BRIZZI DI PANTAI AIR MANIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH

Refky Maulana, Putra (2020) PELAKSANAAN PEMUNGUTAN RETRIBUSI TEMPAT REKREASI DAN OLAHRAGA DENGAN MENGGUNAKAN BRIZZI DI PANTAI AIR MANIS DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pantai Air Manis merupakan salah satu objek retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Kota Padang. Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga di Kota Padang diatur dalam Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 9 Tahun 2018 Perubahan Kedua Atas Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Usaha. Pada mulanya pemungutan retribusi dilakukan dengan sistem pembayaran tunai menggunakan karcis. Namun terhitung tanggal 23 November 2019, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang mengeluarkan kebijakan dengan menerapkan pemungutan retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Pantai Air Manis menggunakan e-money Brizzi. Penerapan penggunaan Brizzi digunakan untuk menekan kebocoran pendapatan daerah dan pungutan liar. Namun dalam pelaksanaanya banyak terjadi penyimpangan – penyimpangan seperti masih menerima pembayaran dengan sistem tunai. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang 1) Bagaimana pelaksanaan pemungutan retribusi tempat rekreasi dan olahraga dengan menggunakan Brizzi di Pantai Air Manis dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah? 2) Apa kendala yang dihadapi pemungutan retribusi tempat rekreasi dan olahraga dengan menggunakan Brizzi di Pantai Air Manis dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah 3) Bagaimana kontribusi objek wisata Pantai Air Manis sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah?. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah yuridis sosiologis, dengan sifat deskriptif, menggunakan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui studi dokumen dan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Dalam pelaksanaan pemungutan retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Pantai Air Manis dalam pelaksanaan pemungutan retribusi tempat rekreasi dan olahraga di Pantai Air Manis masih terjadi penyimpangan seperti adanya pihak lain yang ikut memungut retribusi selain pihak yang diberikan kewenangan dalam memungut retribusi; 2) Adapun kendala yang dihadapi dalam pemungutan retribusi adalah tidak ada dasar hukum yang mengenai implentasi penerapan transaksi non tunai, ketidaksiapan masyarakat dalam menerima transaksi non tunai, ketidaktegasan petugas karena masih menerima pembayaran tunai, 3) Terjadinya pandemic Covid-19. Kata Kunci : Pemungutan Retribusi, Transaksi Non Tunai, Brizzi, Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yuslim, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:22
Last Modified: 18 Feb 2021 07:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71953

Actions (login required)

View Item View Item