Marketing Politik Kiki Anugerah Dia Dalam Pemilu Legislatif Kota Padang Panjang Tahun 2019

Susi, Dwi Putri (2021) Marketing Politik Kiki Anugerah Dia Dalam Pemilu Legislatif Kota Padang Panjang Tahun 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Kesimpulan)
BAB VI (Kesimpulan) .pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang marketing politik Kiki Anugerah Dia dalam Pemilu Legislatif Kota Padang Panjang Tahun 2019. Kiki Anugerah Dia merupakan sosok wajah baru dari Partai Nasdem yang baru terjun ke dunia politik kemudian bersaing dengan 94 caleg lainnya di Daerah Pemilihan 2 Padang Panjang Timur. Pada Pemilu Legislatif 2019 Kiki Anugerah Dia berhasil lolos sebagai Anggota DPRD Kota Padang Panjang dengan mengalahkan puluhan caleg lainnya yang terdiri dari kandidat baru bahkan juga pertahana. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti Marketing Politik Kiki Anugerah Dia dalam Pemilu Legislatif Kota Padang Panjang Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori Marketing Politik 4P Niffenegger dalam buku Firmanzah yaitu produk, promosi, harga dan penempatan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pada pelaksanaan pemasaran politik yang dilakukan Kiki Anugerah Dia, pertama dari segi Produk adalah mengenalkan visi misi partai serta sosialisasi ide dan gagasan kepada masyarakat. Kedua, Promosi menggunakan media cetak seperti Baliho, Spanduk, Stiker, Kalender, Kartu Nama dan juga menggunakan media sosial seperti Facebook, Youtube dan Whatsapp. Ketiga, Harga adalah biaya yang dikeluarkan semasa kampanye. Keempat, Penempatan yaitu fokus daerah dan masyarakat yang menjadi target pemasaran dari Kiki Anugerah Dia. Dari Hasil penelitian tersebut terlihat bahwa yang paling dominan dari kemenangan Kiki Anugerah Dia adalah promosi dan penempatan karena didukung oleh figur orang tua yang dikenal banyak orang di kampung halamannya yang merupakan fokus daerahnya serta kemampuan Kiki Anugerah Dia menjaga suaranya di fokus daerah tersebut sehingga menjadikan Kiki Anugerah Dia terpilih menjadi anggota DPRD Kota Padang Panjang periode 2019-2024.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Pemilu Legislatif, Marketing Politik, Produk, Promosi, Harga, Penempatan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:12
Last Modified: 16 Feb 2021 04:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71870

Actions (login required)

View Item View Item