Identifikasi Aktivitas Antioksidan dari Berbagai Bagian Tumbuhan Ketumpang Air (Peperomia pellucida L.) serta Aplikasinya pada Teh Herbal dengan Penambahan Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa L.)

Suci, Mardani (2021) Identifikasi Aktivitas Antioksidan dari Berbagai Bagian Tumbuhan Ketumpang Air (Peperomia pellucida L.) serta Aplikasinya pada Teh Herbal dengan Penambahan Kelopak Bunga Rosela (Hibiscus sabdariffa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Teh herbal merupakan minuman yang terbuat dari bunga, daun, biji ataupun akar berbagai macam tanaman yang dikeringkan selain dari tumbuhan Camellia sinensis. Pada penelitian ini teh herbal dibuat dari bagian-bagian tumbuhan ketumpang air dan untuk meningkatkan citarasa teh ketumpang air maka diberi penambahan kelopak bunga rosela. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dari setiap bagian tumbuhan ketumpang air, mengetahui kandungan kimia produk teh, serta mengetahui tingkat kesukaan panelis. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahan baku tumbuhan ketumpang air mengandung alkaloid pada bagian batang, daun dan tumbuhan utuh, kadar air produk sebesar 5,18-7,90%, kadar abu produk sebesar 7,51-20,72%, rendemen sebesar 4,25-6,26%, aktivitas antioksidan produk yaitu pada batang ketumpang air sebesar 34,48%, pada daun ketumpang air sebesar 36,49%, pada tumbuhan utuh ketumpang air sebesar 34,58% serta pada bagian daun ketumpang air dengan penambahan kelopak bunga rosela sebesar 52,42%, dan total polifenol produk sebesar 38,75-331,80 mg GAE/g. Berdasarkan uji organoleptik terdapat perbedaan yang sangat nyata pada bagian akar, bunga, batang, daun, dan tumbuhan utuh teh ketumpang air. Namun tidak berbeda nyata pada analisis warna dan aroma pada teh daun ketumpang air dengan penambahan kelopak bunga rosela tetapi berbeda nyata pada analisis rasa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa teh terbaik yaitu teh daun ketumpang air yang diberi penambahan kelopak bunga rosela.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, STP, MP, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Teh herbal, Ketumpang air, Kelopak bunga rosela, Antioksidan, Polifenol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 01 Apr 2021 04:46
Last Modified: 01 Apr 2021 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71768

Actions (login required)

View Item View Item