Penapisan mikroba yang berpotensi untuk biotransformasi eugenol dari limbah tandan sawit menjadi vanilin penghasil natural flavour

Asrinof, Ikhlas (2020) Penapisan mikroba yang berpotensi untuk biotransformasi eugenol dari limbah tandan sawit menjadi vanilin penghasil natural flavour. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Utuh)
Skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Vanilin sebagai perisa dan pemberi aroma pada makanan saat ini menjadi kebutuhan pokok dalam industri makanan, sehingga pendekatan produksi vanilin secara ramah lingkungan menjadi penting untuk dipertimbangkan. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan mikroorganisme sebagai agen biotransformasi menjadi vanilin. Limbah tandan kosong kelapa sawit (TKKS) merupakan limbah padat yang dapat digunakan sebagai sumber mikroorganisme untuk agen biotransformasi. Hasil penelitian menunjukkan isolat bakteri yang didapatkan yaitu Bacillus sp. dan biotransformasi eugenol pada media Nutrient Broth steril yang dilakukan selama 24 jam, pada suhu 30 °C, dan kecepatan rotasi 150 rpm menunjukkan dapat mengubah eugenol menjadi vanilin. Analisis kualitatif dengan menggunakan kromatografi lapis tipis menunjukkan nilai Rf sampel yang diamati menggunakan UV-Transilluminator 254 nm, menunjukkan kesamaan pola noda dengan nilai Rf standar eugenol dan vanilin berturut-turut 0,875 dan 0,725. Dapat disimpulkan bahwa isolat bakteri TKKS memiliki potensi sebagai agen biotransformasi eugenol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Marniati Salim, M.S
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:03
Last Modified: 15 Feb 2021 08:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71763

Actions (login required)

View Item View Item