HUBUNGAN USIA MENARCHE, AKTIVITAS FISIK DAN PENGETAHUAN GIZI DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMK N 6 PADANG

Hayatul, Azizah (2020) HUBUNGAN USIA MENARCHE, AKTIVITAS FISIK DAN PENGETAHUAN GIZI DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA REMAJA PUTRI DI SMK N 6 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. abstract dan cover.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. skripsi hayatul azizah 14 fix print.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Siklus menstruasi tidak teratur adalah salah satu keluhan yang sering terjadi pada remaja. Usia menarche, aktivitas fisik, dan pengetahuan gizi merupakan faktor yang mempengaruhi siklus menstruasi. SMKN 6 Padang adalah sekolah kejuruan yang memiliki jumlah siswi terbanyak dan jurusan dengan aktivitas fisik padat di kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan usia menarche, aktivitas fisik dan pengetahuan gizi dengan siklus menstruasi siswi SMKN 6 Padang. Metode Penelitian kuantitif dengan desain cross sectional, dilakukan di SMKN 6 Padang pada bulan Agustus 2020. Populasinya seluruh siswi kelas XI dan XII SMKN 6 Padang tahun ajaran 2019/2020. Total sampel 91 orang yang dipilih acak dengan simple random sampling. Data yang digunakan, data primer (angket usia menarche, aktivitas fisik dengan kuesioner IPAQ-SF, dan pengetahuan gizi) dan data sekunder (data siswi SMKN 6 Padang tahun 2019/2020. Analisis data menggunakan chi-square (p<0,05). Hasil Hasil analisis univariat diperoleh data responden dengan siklus menstruasi tidak normal (64,8%), responden dengan menarche normal (57,1%), responden dengan aktivitas fisik berat (51,6%), dan responden dengan pengetahuan gizi baik (48,3%). Hasil penelitian menunjukkan persentase siklus menstruasi tidak normal lebih tinggi pada responden yang menarche tidak normal (79,5%). Uji chi-square didapatkan p-value = 0,021 (p<0,05). Persentase siklus menstruasi tidak normal lebih tinggi pada siswi dengan aktivitas fisik tidak normal yaitu aktivitas berat (72,7%) dan aktivitas ringan (72,3%). Uji chi-square diperoleh p-value =0,026 (p<0,05). Siklus menstruasi tidak teratur lebih tinggi pada siswi dengan pengetahuan gizi cukup (67,7%) dan pengetahuan gizi baik (63,6%). Uji chi-square diperoleh p-value =0,914 (p>0,05) Kesimpulan dan Saran Terdapat hubungan antara usia menarche dan aktivitas fisik dengan siklus menstruasi pada siswi SMKN 6 Padang. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan siklus menstruasi pada siswi di SMKN 6 Padang. Diharapkan kepada siswi SMA Negeri 6 Padang yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur untuk mengurangi aktivitas fisik berat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr Yuniar Lestari, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Usia Menarche,Aktivitas Fisik, Pengetahuan Gizi, Siklus Menstruasi
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:03
Last Modified: 16 Feb 2021 05:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71640

Actions (login required)

View Item View Item