HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK BALITA USIA 1-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWANG KOTA PADANG

Adinda, Permata Sari (2021) HUBUNGAN POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK BALITA USIA 1-5 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS RAWANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
ADINDAPERMATA SARI-Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Anak bawah lima tahun masa dimana bertambahnya struktur serta fungsi tubuh menjadi lebih jadi kompleks dan kemampuan gerak halus, gerak halus, bahasa, dan kemandirian. Banyaknya anak balita yang tidak berkembang sesuai usianya yang dipicu oleh pengasuhan orangtua, dimana pengasuhan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar balita agar tetap dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua terhadap perkembangan anak balita usia 1-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Rawang Kota Padang. Metode Penelitian ini menggunaka kuantitatif dengan desain Cross Section. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Rawang Kota Padang. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret 2020. Sampel dari penelitian ini yaitu ibu yang memiliki balita usia 1-5 tahun yang berada di wilayah kerja Puskesmas Rawang Kota Padang yang berjumlah 79 orang. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu proportional random sampling, untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Dari penelitian ini didapatkan sebanyak 79 responden yang terdiri dari ibu dan balita dengan rata-rata usia 12-24 bulan. secara deskriptif pola asuh demokratif mempunyai proporsi perkembangan anak balita yang sesuai dengan nilai paling tinggi yaitu 95,6% sedangkan otoriter sebesar 11,5%. Kesimpulan Pola asuh orangtua yang bersifat demokratif mempengaruhi perkembangan yang optimal pada balita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Miranie Safaringga, SST.,M.Keb
Uncontrolled Keywords: Balita, Pola Asuh, Perkembangan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:46
Last Modified: 16 Feb 2021 07:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71599

Actions (login required)

View Item View Item