ANALISIS IMAGE NAJWA SHIHAB DALAM MENYUARAKAN HASHTAG INSTAGRAM ‘DIRUMAHAJA’ DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS

Razif, Radetya Shafira (2021) ANALISIS IMAGE NAJWA SHIHAB DALAM MENYUARAKAN HASHTAG INSTAGRAM ‘DIRUMAHAJA’ DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 (pendahuluan))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v (penutup))
BAB V (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis image Najwa Shihab menurut pandangan atau persepsi mahasiswa Universitas Andalas (selanjutnya disingkat Unand) saat melakukan persuasi menggunakan #dirumahaja di Instagram untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19 dan mendeskripsikan dampaknya pada perilaku mahasiswa Unand. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan teknik purposive untuk menentukan informan penelitian. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik interactive model dari Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dan metode. Untuk membahas penelitian ini, peneliti menggunakan konsep image, komunikasi persuasi, Instagram dan hashtag, dan teori persepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Najwa memiliki image yang positif menurut persepsi mahasiswa Unand yakni kredibilitasnya yang bagus seperti kemampuan komunikasi yang baik, penampilan yang menarik, hingga kepribadiannya yang tegas dan berani. Sehingga ketika Najwa melakukan persuasi pada PSBB dengan #dirumahaja, mahasiswa Unand menyambut baik persuasi tersebut. Pesan yang disampaikan juga simpel karena bahasa yang digunakan dalam #dirumahaja merupakan bahasa sehari-hari, serta Najwa mempersuasi pesan tersebut secara berulang hingga melekat di ingatan mahasiswa Unand. Persuasi yang dilakukan Najwa turut berdampak kepada mahasiswa Unand yaitu bertambahnya ilmu pengetahuan, serta meningkatnya kesadaran mahasiswa Unand untuk meminimalisir aktifitas diluar rumah dan melakukan social distancing meskipun sudah memasuki era new normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: persepsi, image, persuasi, perilaku.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:16
Last Modified: 15 Feb 2021 02:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71357

Actions (login required)

View Item View Item