PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN CUCI TANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR: LITERATURE REVIEW

Leo No, Mersil (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN CUCI TANGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR: LITERATURE REVIEW. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penututp)
BAB VI ( Penutup ).pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)

Abstract

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari-jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih serta dapat mencegah teradinya penyakit. Karena anak pada usia sekolah dasar sangat aktif dan rentan terhadap penyakit, maka dibutuhkan kesadaran dari mereka bahwa pentingnya perilaku sehat cuci tangan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku seseorang dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti pengetahuan, sikap, dan tindakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pengetahuan, sikap, tindakan cuci tangan siswa sekolah dasar setelah pemberian pendidikan kesehatan dengan menggunakan metode video melalui telaah jurnal. Metode penelitian berupa literature review dengan cara mencari artikel dari database : PubMed, ScienceDirect, dan Google Schoolar dengan rentang tahun 2015-2020. Hasil penelitian didapatkan 10 artikel yang memenuhi persyaratan kriteria inklusi dan eklusi yang mencakup tentang pengetahuan, sikap, dan tindakan cuci tangan pada siswa sekolah dasar setelah pemberian video pembelajaran cuci tangan, yang mana terdapat peningkatan pengetahuan, sikap dan, tindakan siswa sekolah. Di sarankan untuk tim kesehatan baik itu puskesmas, atau pustu untuk sering - sering turun, mengecek dan memberikan edukasi agar kedepan nya siswa sekolah dasar benar - benar bisa memahami tentang cuci tangan, penting nya cuci tangan, dan cara melakukan cuci tangan yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelwati, S. Kp., MN.,PhD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:39
Last Modified: 11 Feb 2021 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71309

Actions (login required)

View Item View Item