ANALISIS POSTUR KERJA PADA USAHA GORENGAN RUMAHAN DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT

MIKE, MARLINA (2021) ANALISIS POSTUR KERJA PADA USAHA GORENGAN RUMAHAN DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESMENT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER-ABSTRAK)
1. COVER-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAPUS.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Usaha Gorengan Bunda merupakan home industry yang bekerja dengan cara Manual Material Handling (MMH) selama proses produksinya. Mengingat aktivitas MMH mempunyai peranan vital, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis postur pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis postur kerja menggunakan metode Rapid Upper Limb Assesment (RULA) pada pekerja Usaha Gorengan Bunda yang berlokasi di Siteba. Metode RULA merupakan metode observasi untuk menganalisis postur kerja tubuh bagian atas. Pengambilan data diperoleh melalui observasi lapangan untuk memperoleh skor RULA, pengisian kuesioner Nordic Body Map (NBM) untuk memperoleh data keluhan pekerja, keluhan yang paling banyak dirasakan pekerja adalah pada 6 titik lokasi keluhan yaitu leher atas, leher bawah, pinggang, punggung, lutut kiri dan lutut kanan. Data lainnya yang dibutuhkan yaitu korelasi variabel usia dan masa kerja terhadap postur kerja yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja pada proses membuat kulit gorengan dan proses membuat isi gorengan berada pada level action tertinggi yaitu 4 yang berarti harus dilakukan perubahan. Pada pekerja proses mengisi gorengan dan mengemas cabe berada pada level action 3 yang berarti diperlukan investigasi, perubahan diperlukan segera, sedangkan, pada proses mempersiapkan bahan berada pada level action 2 yang berarti investigasi diperlukan, perubahan mungkin diperlukan. Pada penelitian ini diketahui adanya hubungan yang signifikan (p) antara masa kerja dan postur kerja dengan nilai korelasi yaitu 0.039 (p < 0.05) sedangkan untuk variabel usia dan postur kerja diketahui tidak terdapat hubungan yang signifikan dengan nilai korelasi yaitu 0.06 (p > 0.05). Secara umum, tindakan perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan menambah fasilitas kerja seperti menyediakan kursi yang memiliki penyangga punggung, memperbaiki fasilitas kerja sesuai dengan antropometri tubuh pekerja, melakukan kebiasaan berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh usulan tindakan perbaikan ini disesuaikan dengan kondisi pekerja pada setiap proses produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Taufiq Ihsan, MT
Uncontrolled Keywords: industri gorengan, postur kerja, ergonomi, Rapid Upper Limb Assesment (RULA), Nordic Body Map (NBM)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:27
Last Modified: 11 Feb 2021 07:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71267

Actions (login required)

View Item View Item