Hubungan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi Dengan Sisa Makanan Biasa dan Zat Gizi Yang Hilang Pada Pasien Rawat Inap di Ruangan Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2020

Yessi, Yulia Rahmah (2020) Hubungan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi Dengan Sisa Makanan Biasa dan Zat Gizi Yang Hilang Pada Pasien Rawat Inap di Ruangan Ambun Pagi RSUP DR. M. Djamil Padang Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH FULLTEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Mengetahui hubungan kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi (variasi menu, cita rasa, kebersihan alat makan, ketepatan waktu makan, sikap ahli gizi, dan sikap pramusaji) berhubungan dengan terjadinya sisa makanan dan zat gizi yang hilang pada pasien rawat inap di ruangan ambun pagi RSUP. DR. M. Djamil Padang tahun 2020. Metode Penelitian menggunakan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2019- September 2020. Populasi semua pasien rawat inap ruangan Ambun Pagi RSUP DR.M.Djamil Padang. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 35orang. Analisis data mengunakan analisis univariat dan bivariat. Hasil Rata-rata sisa makanan biasa 26%, dari hasil tersebut didapatkan rata-rata sisa makanan dalam kategori banyak 71,4%. Rata-rata kepuasan pasien terhadap pelayanan gizi 79%, dari hasil tersebut didapakan rata-rata kepuasan pasien terhada pelayanan gizi dalam kategori tidak puas 62,9%. Rata-rata variasi menu kurang bervariasi sebanyak 65,7%. Rata-rata cita rasa makanan kurang enak sebanyak 68,6%. Rata-rata kebersihan alat makan tidak bersih sebanyak 57,1%. Rata-rata sikap pramusaji baik sebanyak 57,1%. Rata-rata sikap ahli gizi tidak baik sebanyak 71,4%. Terdapat hubungan cita rasa (p value= 0,004,POR= 12.250) dan sikap ahli gizi (p value = 0,016,POR =7.875)dengan sisa makanan. kesimpulan Ada hubungan cita rasa dan sikap ahli gizi terhadap sisa makanan biasa. Rata-rata zat gizi yang hilang energi 628,6Kkal, protein 25,6gram, karbohidrat 105,3gram, lemak 13,3gram. Persentase kandungan zat gizi yang hilang dari sisa makanan terhadap ketersediaan zat gizi makanan rumah sakit sebesar 32% energi, 42% protein, 31% lemak dan 33% karbohidrat. Daftar pustaka :81 (1992-2018) Kata kunci: kepuasan, Pelayanan gizi, Sisa makanan, Zat gizi yang hilang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hafifatul Auliya Rahmy, SKM., MKM
Uncontrolled Keywords: kepuasan, Pelayanan gizi, Sisa makanan, Zat gizi yang hilang.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:21
Last Modified: 11 Feb 2021 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71113

Actions (login required)

View Item View Item