PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM JUAL BELI SISTEM DARING BERDASARKAN UNADANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada Aplikasi Grab Kios/By Kudo).

Jimmy, Iqbal (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM JUAL BELI SISTEM DARING BERDASARKAN UNADANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi Pada Aplikasi Grab Kios/By Kudo). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Tesis ini berjudul Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Jual Beli Sistem Daring Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Pada Aplikasi Grab Kios/By Kudo). Berlatar belakang keabsahan suatu kontrak dalam jual beli daring tanpa pertemuan langsung antar kedua belah pihak dengan tanggung jawab dan perlindungan hukum bagi konsumen ditinjau dari Hukum Kontrak sebagaimana tertera dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan seluruh aturan mengikat yang berlaku di Indonesia. Berdasarkan hal diatas maka rumusan masalah dalam tesis ini adalah bagaimanakah perlindungan hukum terhadap konsumen dalam jual beli daring di forum jual beli Grab Kios/by Kudo berdasarkan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Bagaimana tanggung jawab hukum pelaku usaha terkait wanprestasi dalam jual beli daring. Penelitian hukum ini adalah penelitian yang bersifat yuridis empiris termasuk penelitian hukum yang bersifat deskriptif, maksudnya adalah suatu penelitian yang dimaksudkan untuk memberikan data-data yang seteliti mungkin tentang manusia, keadaan atau gejala lainnya. Perlindungan hukum terhadap konsumen perdagangan elektronik (e-commerce) dalam melakukan transaksi jual beli di Forum Jual Beli Grab Kios/By Kudo sebagaimana diatur dalam Pasal 4 Huruf C dan H Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen tidak ada, karena penjual dan pembeli sudah mengetahui dan menyadari secara pasti atas resiko yang dapat dialaminya dalam e-commerce dan konsumen tidak mengetahui secara nyata kondisi barang yang dijual, maka pemenuhan Pasal 4 huruf C UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen mengenai hak-hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang benar/jujur mengenai kondisi dan jaminan barang tidak terpenuhi. Tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen dalam transaksi e-commerce yang timbul dari adanya hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Produsen memiliki tanggung jawab atas informasi, produk dan keamanan yang harus dilakukan dalam transaksi. Transaksi e-commerce pada prinsipnya sama dengan transaksi lainnya sehingga apabila salah satu pihak melakukan wanprestasi kepada pihak lainnya yang bertentangan dengan kesepakatan maka telah melanggar hukum positif yang berlaku dan juga kesepakatan yang telah terjadi di awal transaksi serta dapat dilakukan tindakan hukum keperdataan melalui pengadilan atau jalur non pengadilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Busyra Azheri, SH., MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 10 Feb 2021 06:42
Last Modified: 10 Feb 2021 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71041

Actions (login required)

View Item View Item