Penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Pemenuhan Pendidikan Berkualitas Pada Daerah 3T (Terdepan, Terluar Dan Tertinggal) Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat

Fardinal, Apri Nazar (2021) Penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) Dalam Pemenuhan Pendidikan Berkualitas Pada Daerah 3T (Terdepan, Terluar Dan Tertinggal) Di Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Text (COVER DAN ABSTRAK).pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (Bab 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Text (BAB IV Penutup).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Text (Full Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan program pembangunan global yang berisi 17 tujuan dan 169 target. Dinyatakan dalam Resolusi Majelis Umum PBB No. A/RES/70/1. Salah satu tujuan SDGs adalah pemenuhan pendidikan berkualitas. Indonesia telah mengadopsi program SDGs dalam Peraturan Presiden No. 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Pemberlakuan otonomi daerah telah mensyaratkan bahwasanya pemenuhan pendidikan berkualitas harus merata di seluruh penjuru daerah termasuk pada daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). Oleh karena itu, penelitian ini hendak melihat penerapan Sustainable Development Goals dalam pemenuhan pendidikan berkualitas pada daerah 3T (Terdepan, Terluar Dan Tertinggal) di Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan metode penelitian empiris yaitu penelitian hukum yang menggunakan fakta-fakta empiris dengan cara mengumpulkan data-data hukum primer, sekunder dan tersier melalui wawancara, tanya jawab, kuesioner, studi lapangan, peraturan perundang-undangan, buku-buku, dan media elektronik. Dalam tulisan ini, penulis membahas mengenai penerapan serta kendala penerapan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam pemenuhan pendidikan berkualitas pada daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal) di Kabupaten Kepulauan Mentawai Provinsi Sumatera Barat. Dari hasil penelitian dapat diketahui meskipun penerapan pemenuhan pendidikan berkualitas telah diupayakan, namun masih terdapat beberapa target pendidikan berkualitas yang belum diakomodir dalam dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) Sustainable Development Goals Provinsi Sumatera Barat, dan RAD Kabupaten Kepulauan Mentawai serta indikator pendidikan yang belum tercapai secara maksimal. Kendala yang dihadapi terbagi atas Kendala Yuridis dan Non Yuridis. Kendala Yuridis dapat dilihat pada Dokumen RAD SDGs yang belum menyeluruh, untuk Kendala Non Yuridis terdiri atas faktor letak geografis dan geologis , aksesbilitas, terbatasnya sarana prasarana dan fasilitas penunjang pendidikan, Kabupaten Kepulauan Mentawai sebagai daerah rawan bencana dan serta wabah global pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. H. Firman Hasan, SH., LLM.
Uncontrolled Keywords: Sustainable Development Goals (SDGs), Pendidikan Berkualitas, Daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal).
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:50
Last Modified: 10 Feb 2021 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70986

Actions (login required)

View Item View Item