PENGETAHUAN IBU MENGENAI STUNTING Studi Fenomenologi terhadap Keluarga Balita Stunting di Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Mutia, Darman (2020) PENGETAHUAN IBU MENGENAI STUNTING Studi Fenomenologi terhadap Keluarga Balita Stunting di Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV PENUTUP)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT FINISH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MUTIA DARMAN, 1610812001. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Pengetahuan Ibu Mengenai Stunting (Studi Fenomenologi terhadap Keluarga Balita Stunting di Nagari Lakitan Tengah Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan). Pembimbing: Zuldesni, S.Sos, MA. Skripsi ini membahas tentang pengetahuan ibu mengenai stunting di Nagari Lakitan Tengah. Pengetahuan merupakan hasil dari tahu yang didapatkan dari proses penginderaan yang berkaitan dengan gagasan ataupun ide yang menjadi dasar sebagai kapasitas untuk bertindak. Pengetahuan sangat erat kaitannya dengan kesadaran, karena itu pengetahuan tidak hanya sekedar tahu, melainkan didasarkan pada kesadaran yang mendorong munculnya motivasi untuk bertindak. Pada penelitian ini menggambarkan pengetahuan ibu mengenai stunting dari 5 informan, dengan tujuan untuk mengungkap pengalaman yang membentuk makna yang nantinya akan mempengaruhi tindakan ibu terhadap anak yang mengalami stunting. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Fenomenologi dari Alfred Schutz, yang menjelaskan tentang perjalanan panjang pengalaman-pengalaman yang menjadi stock of knowledge yang dijadikan sebagai arahan untuk bertindak yang nantinya memunculkan tindakan berupa because motive dan in order to motive. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan studi fenomenologi dan tipe penelitian deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi kepada 5 informan yang memiliki balita stunting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu mengenai stunting didasarkan pada pengalaman-pengalaman yang selama ini dialami informan. Terjadi persinggungan pengalaman antara pengalaman medis dengan pengalaman keseharian informan yang menghasilkan pemaknaan bahwa stunting bukanlah sesuatu atau penyakit yang mengkhawatirkan sehingga tidak ada tindakan-tindakan yang berhubungan untuk menyehatkan keadaan itu. Maka tidak ada tindakan khusus seperti orang mendefinisikan sesuatu sebagai penyakit. Tidak ada tindakan yang khusus atau yang dianjurkan oleh kesehatan baik dalam masa kehamilan, menyusui, menyapih maupun tindakan khusus dalam masa pengasuhan dan ketika anak sakit. Keywords: Fenomenologi, Stunting, Pengalaman, Makna, Pengetahuan, Because Motive, In Order To Motive.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zuldesni, S.Sos, MA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:24
Last Modified: 10 Feb 2021 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70933

Actions (login required)

View Item View Item