Analisis Penerapan Higiene dan Sanitasi Pengelolaan Makanan di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang Tahun 2020

Sinta, Afrilia (2021) Analisis Penerapan Higiene dan Sanitasi Pengelolaan Makanan di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text Sinta Afrilia 1611213026)
Skripsi Full Text Sinta Afrilia 1611213026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Higiene sanitasi makanan di pondok pesantren menjadi bagian penting untuk mencegah terjadinya penyakit akibat makanan pada santri. Berdasarkan observasi awal di dapur umum Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau temukan tenaga pengolah makanan masih melakukan perilaku yang tidak higienis yaitu tidak memakai penutup mulut, sarung tangan dan celemek. Pada dapur pengolahan terdapat genangan air dilantai, tempat sampah di dapur tidak terpisah dan banyak lalat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan higiene dan sanitasi pengelolaan makanan di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau, Padang pada bulan Januari hingga November 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, FGD, observasi, dan telaah dokumen. Informan dalam penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari 12 orang. Pengolahan data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah itu, analisis data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan informasi sarana dan prasarana belum memenuhi standar. Pekerja di dapur pesantren belum pernah mengikuti pelatihan/pendidikan mengenai higiene dan sanitasi makanan dan belum pernah melakukan pemeriksaan kesehatan. Pada tahap penyimpanan bahan makanan belum terjaga kebersihannya, pada tahap pengolahan makanan tenaga pengolah makanan tidak menggunakan APD, dan kebersihan dapur yang kurang terjaga.Penerapan higiene dan sanitasi makanan di dapur umum pesantren perkampungan minangkabau belum berjalan dengan baik. Disarankan bagi pihak Pesantren Perkampungan Minangkabau lebih meningkatkan pengawasan, melaksanakan pelatihan mengenai higiene sanitasi makanan, melakukan pemeriksaan kesehatan dan memenuhi sarana dan prasarana sehingga dapat menunjang pelaksanaan higiene dan sanitasi makanan di pesantren.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Trisfa Augia, S.Si,Apt.,M.Sc
Uncontrolled Keywords: Analisis,higiene sanitasi makanan, pesantren
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:26
Last Modified: 10 Feb 2021 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70912

Actions (login required)

View Item View Item