Pengembangan Produk Es Krim Sari Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Berbasis Kacang Hijau (Vigna radiata) Sebagai Alternatif Makanan Jajanan Untuk Membantu Mengatasianemia Pada Remaja Putri

Israini, Rarahayu (2021) Pengembangan Produk Es Krim Sari Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) Berbasis Kacang Hijau (Vigna radiata) Sebagai Alternatif Makanan Jajanan Untuk Membantu Mengatasianemia Pada Remaja Putri. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Skripsi full text)
ISRAINI RARAHAYU_1811226009_FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk es krim berbahan dasar sari buah mengkudu (Morinda citrifolia) dan kacang hijau (Vigna radiata) sebagai alternatif makanan jajanan untuk pengentasan anemia pada remaja putri. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian laboratorium.Percobaan langsung dilakukan tentang penambahan sari buah mengkudu dan kacang hijau terhadap produk es krim.Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL). Rancangan ini menggunakan 4 perlakuandan 2 kali pengulangan, yaitu memberikan produk yang sama kepada orang yang sama sebanyak 2 kali. Hasil Berdasarkan hasil analisis statistik, tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap warna, aroma, rasa, dan tekstur pada semua perlakuan F0, F1, F2, dan F3. Hasil uji hedonik pada formula terpilih F1 mendapatkan nilai rata-rata 5 dengan kategori agak suka, dengan penambahan sari buah mengkudu sebanyak 30 gram dan menghasilkan produk dengan warna agak kuning muda kehijauan, aroma agak harum, rasa agak manis, dan tekstur sedang, dan mendapatkan nilai gizi besi 10.628 mg/100g, vitamin C 6.29%, karbohidrat 65.5%, protein 9.18%, lemak 13.09%, kadar air 11.11%, dan kadar abu 1.16%. Kesimpulan Formula terpilih berdasarkan uji hedonik dan analisis kandungan zat gizi didapatkan formula terpilih pada F1. Berdasarkan Standar Nasional Indonesia Syarat Mutu Es Krim, produk es krim yang dikembangkan telah memenuhi syarat tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Firdaus, SP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Produk, Tingkat Kesukaan, Kandungan Zat Gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:43
Last Modified: 10 Feb 2021 03:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70882

Actions (login required)

View Item View Item