Penentuan Kandungan Fenolik Total, Uji Aktivitas Antioksidan dan Sitotoksik Ekstrak Heksana dan Etil Asetat Batang Semu Tumbuhan bunga Bangkai (Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson)

Widia Oksadela, Sandri (2021) Penentuan Kandungan Fenolik Total, Uji Aktivitas Antioksidan dan Sitotoksik Ekstrak Heksana dan Etil Asetat Batang Semu Tumbuhan bunga Bangkai (Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK SANDRI WIDIA.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI SANDRI WIDIA OKSADELA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicolson atau yang dikenal dengan bunga bangkai termasuk ke dalam keluarga Areceae yang biasanya digunakan sebagai pangan olahan, pangan sayur serta dapat pula dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan obat.Dalam penelitian sebelumnya dikatakan bunga bangkai merupakan tanaman herbal yang bersifat anti-inflamasi, antiracun, mencegah pendarahan, antibakteri, antioksidan, antitumor, antidiare dan mengobati luka. Ekstraksi batang semu bunga bangkai dilakukan dengan metode maserasi dari pelarut yang memiliki tingkat kepolaran rendah hingga pelarut yang memiliki tingkat kepolaran tinggi. Batang semu bunga bangkai mengandung senyawa fenolik, steroid dan alkaloid pada ekstrak heksana, sedangkan ekstrak etil asetat mengandung senyawa fenolik, triterpenoid dan alkaloid. Pada penelitian ini dilakukan penentuan kandungan fenolik total dengan metoda Follin-Ciocalteu, aktivitas antioksidan dengan metoda DPPH dan sitotoksik dengan metoda Brine Shrimp Lethality Testterhadap ekstrak heksana dan etil asetat batang semu bunga bangkai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan fenolik total ekstrak heksana dan etil asetat adalah 51 mg GAE/g dan 27,91 mg GAE/g. Aktivitas antioksidan ekstrak heksana dan ekstrak etil asetat bersifat tidak antioksidandengan nilai IC50 201,011 mg/L dan 463,396 mg/L. Sedangkan hasil uji sitotoksik ekstrak heksana bersifat toksik dengan nilai LC50 50,582 mg/L dan ekstrak etil asetat bersifat tidak toksik dengan nilai LC50 1541,700 mg/L. Kata Kunci: Batang semu bunga bangkai, Amorphophallus paeoniifolius (Dennst.) Nicholson, kandungan fenolik total, antioksidan, sitotoksik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Bustanul Arifin, M.Si
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:54
Last Modified: 10 Feb 2021 03:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70778

Actions (login required)

View Item View Item