ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG VULVA HYGIENE DAN KEPUTIHAN PADA MAHASISWI FORUM MAHASISWA MENTAWAI (FORMMA) PADANG TAHUN 2020

annisa, mirda (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG VULVA HYGIENE DAN KEPUTIHAN PADA MAHASISWI FORUM MAHASISWA MENTAWAI (FORMMA) PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[img] Text (KIA full text)
KIA FULL (Annisa Mirda).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan reproduksi diartikan sebagai suatu kondisi sehat secara menyeluruh baik kesejahteraan fisik, sosial dan mental yang utuh dalam segala hal yang bekaitan dengan fungsi, peran dan proses reproduksi. Kebersihan genitalia yang kurang baik merupakan faktor risiko yang dapat menyebabkan infeksi pada genitalia. Kejadian keputihan sebagai salah satu gangguan kesehatan masih cukup tinggi berhubungan dengan kurangnya pengetahuan remaja tentang Vulva hygiene. Salah satu strategi untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang perawatan alat genitalnya adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan. Video Learning Multimedia memudahkan remaja dalam memahami dan menyerap informasi dengan baik sehingga dapat memberikan stimulus untuk bertindak mencegah terjadinya keputihan. Tujuan dilakukan asuhan keperawatan komunitas ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap mahasiswi SMA dalam upaya pencegahan keputihan dengan meningkatkan vulva hygiene yang baik melalui media audiovisual. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan mulai tanggal 23 November - 14 Desember 2020. Pengambilan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner pre-test dan post test. Pendidikan kesehatan diikuti oleh 11 mahasiswi. Hasil akhir terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap mahasiswa yang di evaluasi dengan pre-test sampai post- test. Pengetahuan meningkat dari 36.4% menjadi 72.7% sedangkan sikap meningkat dari 27.3% menjadi 63.6%. Diharapkan dapat menjadi sumber referensi penelitian selanjutnya dapat menjadi salah satu indikator dalam program kampus sehat yang akan diterapkan di Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp.,M.Kes.,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Pengetahuan, Sikap, Vulva Hygiene, dan Keputihan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Feb 2021 08:27
Last Modified: 10 Feb 2021 08:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70650

Actions (login required)

View Item View Item