ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERILAKU SEKSUAL BERISIKO PADA HIMPUNAN MAHASISWA MENTAWAI TAHUN 2020

Ria, Destisa (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MENGGUNAKAN METODE PEER EDUCATION TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PERILAKU SEKSUAL BERISIKO PADA HIMPUNAN MAHASISWA MENTAWAI TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
cover & abstrack.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FULLTEXT WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pacaran menjadi awal mula perilaku seksual. Pacaran dan perilaku seksual berkaitan erat satu sama lain. Berpacaran pada usia remaja, dikhawatirkan belum memiliki keterampilan hidup yang mumpuni sehingga kelompok remaja memiliki perilaku pacaran yang tidak sehat. Perilaku Seksual Remaja suatu kegiatan mendapat kesenangan dengan lawan jenis yang terdiri dari berbagai bentuk antara lain berpegang tangan, berpelukan, berciuman, meraba bagian tubuh yang sensitive, petting, oral seks, hubungan seksual sampai dan kekerasan seksual. Perilaku yang didasari oleh pengetahuan umumnya langgeng daripada perilaku yang tidak didasari pengetahuan. Pendidikan teman sebaya tampaknya menjadi metode yang menjanjikan dalam mempromosikan perilaku pendidikan resiko dikalangan anak muda. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan mulai tanggal 11- 16 Desember 2020 dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan survey. Responden yang diberikan intervensi adalah Mahasiswa Himpunan Mentawai (FOMMA) yang berjumlah 12 orang. Hasil setelah dilakukannya intervensi pemberian pendidikan kesehatan menggunakan metode peer education terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap dibuktikan dengan hasil posttest bahwa 58% mengalami peningkatan pengetahuan dan 75% memiliki sikap yang positif. Diharapkan kepada mahasiswa dan pengurus himpunan untuk membuat perencanaan kegiatan terkait dengan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap terhadap perilaku seksual pada remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Agus Sri Banowo,S.Kp, MPH
Uncontrolled Keywords: Peer Education, Pengetahuan, Perilaku Seksual, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:23
Last Modified: 11 Feb 2021 06:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70306

Actions (login required)

View Item View Item