hubungan Pengetahuan Gizi dan Praktik Gizi Seimbang dengan Status Gizi pada Remaja Usia 15-16 Tahun di SMK Negeri 2 Kota Padang Tahun 2020

Adelina, Geofany (2020) hubungan Pengetahuan Gizi dan Praktik Gizi Seimbang dengan Status Gizi pada Remaja Usia 15-16 Tahun di SMK Negeri 2 Kota Padang Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FINAL SKRIPSI ADELINA GEOFANY_FULL WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian, indonesia saat ini mengalami masalah gizi ganda yang disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dan praktik gizi seimbang dengan status gizi pada remaja usia 15-16 tahun di SMK Negeri 2 Kota Padang tahun 2020. Metode, penelitian ini menggunakan desain studi cross sectional yang dilakukan terhadap 94 sampel di SMK Negeri 2 Padang dengan populasi sebanyak 477 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random sampling. Pengumpulan data dilakukan secara primer dan sekunder seperti pengukuran berat badan dan tinggi badan serta wawancara dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan uji Chi-square dengan 95% CI (α=0,05) dan uji confounding dengan menggunakan Mantel Haenszel. Hasil penelitian didapatkan responden memiliki status gizi lebih sebesar 18,1%, 54,3% pengetahuan gizi kurang, 51,1% praktik gizi seimbang kurang, dan 66% memiliki uang saku yang besar. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan gizi dengan status gizi dan adanya hubungan yang bermakna antara praktik gizi seimbang dengan status gizi. Uji confounding didapatkan uang saku tidak berpengaruh terhadap hubungan pengetahuan gizi dan praktik gizi seimbang. Kesimpulan, praktik gizi seimbang memiliki hubungan yang bermakna dengan status gizi pada remaja. Diharapkan kepada siswa untuk dapat meningkatkan status gizi menjadi optimal dengan meningkatkan praktik gizi seimbang dengan baik dan benar

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrial, SKM, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: status gizi, remaja, pengetahuan gizi, praktik gizi seimbang, uang saku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 10 Feb 2021 01:51
Last Modified: 10 Feb 2021 01:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70292

Actions (login required)

View Item View Item